ADVERTISEMENT

Serasa di Singapura! Nongkrong di Toko Kopi Kongca yang Hits di Malang

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Kamis, 06 Okt 2022 15:00 WIB
Serasa di Singapura! Nongkrong di Toko Kopi Kongca yang Hits di Malang
Foto: Andi Annisa DR/detikfood
Malang -

Di dekat Stasiun Kereta Api Malang ada toko kopi hits di kalangan anak muda lokal. Namanya Toko Kopi Kongca yang mengusung konsep seperti kopitiam ala Singapura. Ini rekomendasi menunya!

Malang menawarkan banyak tempat kuliner enak, termasuk kedai kopi yang digemari milenial di sana. Salah satu kawasan populer untuk menikmatinya adalah Klojen yang tak jauh dari Stasiun Kereta Api Malang.

Beberapa kedai kopi di sini mencuri perhatian dengan konsep dan nuansa 'jadul' yang diusung. Seperti halnya pada Toko Kopi Kongca yang beralamat di Jalan Trunojoyo Nomor 23.

Dari luar, bangunan Toko Kopi Kongca terlihat seperti kedai kopitiam yang ada di Malaysia dan Singapura. Area bersantapnya yang mungil memunculkan kesan klasik dengan penggunaan kursi kayu dan meja bundar khas suku Melayu-Tionghoa.

Serasa di Singapura! Nongkrong di Toko Kopi Kongca yang Hits di MalangTampak depan bangunan Toko Kopi Kongca di Malang. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Toko Kopi Kongca hanya bisa menampung sekitar 30 pengunjung sekaligus. Mereka terlihat betah nongkrong di kedai kopi yang dindingnya berupa keramik putih serta menghadirkan pajangan foto-foto bangunan jadul ini.

Melirik sejarahnya, konon bangunan Toko Kopi Kongca adalah peninggalan zaman Belanda. Hal ini tak mengherankan karena di dekat kawasan stasiun memang berjejer bangunan peninggalan masa kolonial Belanda.

Kopi dan roti bakar dibuat tradisional

Layaknya kopitiam yang populer di negara serumpun Melayu seperti Singapura dan Malaysia, Toko Kopi Kongca juga masih menggunakan alat tradisional untuk menyeduh kopi.

Hal ini terlihat dari adanya teko besar dengan leher panjang di bagian depan. Teko ini dilengkapi saringan tradisional untuk menyaring ampas kopi. Untuk kopinya, Toko Kopi Kongca menggunakan house blend Arabica dan Robusta. Biji kopi robusta-nya diambil dari Kelurahan Dampit, Malang.

Toko Kopi Kongca sediakan menu khas kopitiam berupa Kopi Hitam Klasik dan Kopi Susu Klasik. Ada juga pilihan lain seperti Butter Coffee, Kopi Susu Evaporasi, Teh Susu, Cokelat Panas, sampai Markisa Soda.

Serasa di Singapura! Nongkrong di Toko Kopi Kongca yang Hits di MalangProses pembuatan kopi di Toko Kopi Kongca layaknya di kopitiam. Foto: Andi Annisa DR/detikfood

Lalu untuk makanannya, ada roti bakar yang jadi andalan. Roti masih dibakar dengan arang sehingga memunculkan aroma dan rasa smoky yang khas.

Mereka juga punya camilan dan menu utama yang sayang dilewatkan. Mulai dari telur setengah matang, ngo hiong, mantou, pisang goreng, sampai bak mee goreng.

Semua menu di sini 100% halal. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 7.000 sampai Rp 19.000 saja.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Jajan Camilan di Pasar Laron, Alun-alun Batu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT