Pedes Poll! Sengatan Sambal Cobek Bakar Khas Lumajang

ADVERTISEMENT

Pedes Poll! Sengatan Sambal Cobek Bakar Khas Lumajang

Tim detikfood - detikFood
Rabu, 05 Okt 2022 18:30 WIB
sambelan cobek bakar sambal gami
Foto: Esti Widiyana
Lumajang -

Pencinta pedas wajib mampir ke tempat ini. Ada sambal cobek bakar khas Lumajang. Pedasnya menggigit lidah, bersiaplah keringatan! Huaah!

Sambal cobek bakar akhir-akhir ini populer. Merupakan sambal yang disajikan bersama lauk dan lalapannya. Namun, bedanya dengan yang lain, sambal ini dimasak diatas cobek yang dibakar di atas bara api.

Sudah terbayang panas dan sengatan pedasnya? Rupanya ada rumah makan yang menyediakan kuliner pedas ini.

Kamu bisa mencicipi sambal cobek bakar di sebuah rumah makan di Jalan Suwandak, Lumajang. detikJatim pun melihat proses pembuatan sambal cobek ini dan mencicipinya.

Sambal Cobek BakarDi Lumajang, sambal cobek bakar tengah digemari. Foto: Nur Hadi Wicaksono/detikJatim

Untuk menyajikan sambal cobek bakar ini, pertama kali cobek harus dipanaskan di atas kompor. Kemudian, disiapkan sambal dengan bumbu rahasia. Lalu, sambal di dalam cobek dipanaskan di atas kompor selama beberapa menit hingga mendidih.

"Menu sambal cobek bakar ini menjadi menu favorit para pelanggan. Untuk membuatnya, sambal dimasak di atas cobek hingga mendidih kemudian siapkan lauk sesuai yang diinginkan," ujar pemilik rumah makan, Dedi Wijaya kepada detikJatim, Senin (3/10/2022).

Selanjutnya, ditambahkan lauk yang diinginkan. Seperti ayam bakar, lele bakar, gurame, tahu maupun tempe serta aneka lalapan. Sambal cobek bakar pun siap untuk dinikmati.

detikJatim pun mencicipi sambal yang panas mengepul ini. Suwiran ayam dicocol dengan Sambal Cobek Bakar, lalu dimakan bersama nasi putih hangat.

sambelan cobek bakar sambal gamiLauknya yang beragam dengan rasa pedas menyengat membuat pelanggan ketagihan. Foto: Esti Widiyana

Rasa lauk, nasi, dan sambal menyatu di lidah. Sensasi makan sambal Cobek Bakar ini juga berbeda. Pedas dan ada sedikit aroma asap karena dibakar. Pecinta pedas pun wajib mencicipi dan merasakan sensasinya.

Tak heran, warung yang dibuka sejak awal 2021 ini selalu diburu para pecinta kuliner pedas. Rasa sambal yang nikmat ditambah aneka lauk membuat nafsu makan semakin bertambah.

Satu porsi kuliner sambal cobek bakar bisa dinikmati mulai harga Rp 22.000 hingga Rp 30.000. Tergantung lauk yang dipilih pelanggan.

Sensasi pedas menyengat sambal cobek bakar bisa dilihat di sini !



Simak Video "Festival Ketan Lumajang Gelar Sedekah Hasil Gunungan dan Olah Makanan"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT