Fakta Mangkuk Ayam Jago hingga Pria Tampan Sukses Jual Gorengan

ADVERTISEMENT

Berita Terpopuler

Fakta Mangkuk Ayam Jago hingga Pria Tampan Sukses Jual Gorengan

Tim detikfood - detikFood
Selasa, 13 Sep 2022 09:30 WIB
Kisah sukses penjual gorengan tampan
Foto: YouTube Kawan Dapur
Jakarta -

Mangkuk ayam jago yang ikonik di Asia punya sejarah dan fakta menarik. Ada juga kisah restoran Indonesia di luar negeri yang masuk Michelin Guide hingga pria tampan di Bogor sukses jual gorengan.

Mangkuk ayam jago adalah alat makan ikonik di Indonesia dan beberapa negara Asia lain. Mangkuk putih ini diberi goresan lukisan ayam jago yang motifnya khas. Biasanya mangkuk ayam jago jadi wadah mie hingga nasi.

Banyak orang menyukai desain mangkuk ayam jago. Kini desainnya bahkan lebih beragam, termasuk yang bentuk ayamnya lebih kekinian. Sebenarnya seperti apa ya cerita asal-usul mangkuk ayam jago?

Pembaca detikfood juga tertarik mengetahui kisah restoran Indonesia yang sukses di luar negeri. Tolok ukurnya adalah restoran ini berhasil masuk panduan tempat makan bergengsi, Michelin Guide.

Lokasi restoran Indonesia ini tersebar di beberapa negara, mulai dari Singapura, Taiwan, hingga Amerika Serikat. Setiap tempat menawarkan keunikan, baik dari segi suasana dan menu tradisional yang ditawarkan.

Usaha kuliner dijalani serius oleh banyak orang. Tak jarang, hasilnya begitu menggiurkan, bahkan pendapatannya lebih besar dari mereka yang kerja kantoran.

Hal inilah yang dirasakan seorang pemuda tampan asal Bogor. Ia yang tadinya bekerja di bidang event organizer, banting setir berjualan comro hingga gandasturi.

Berikut deretan berita terpopuler detikfood (12/9) yang menarik perhatian pembaca kemarin:

1. Fakta mangkuk ayam jago

Mangkuk Ayam Jago Sudah Ada 100 Tahun Lalu, Simbolkan Kemakmuran!Mangkuk Ayam Jago Sudah Ada 100 Tahun Lalu, Simbolkan Kemakmuran! Foto: Says Malaysia

Melihat sejarahnya, mangkuk ayam jago pertama kali dibuat oleh komunitas Hakka di Provinsi Guangdong, China. Mangkuk ini sudah ada lebih dari seratus tahun lalu.

Desain ayam jago ternyata punya makna filosofis, termasuk mengapa yang dipilih ayam jantan, bukan ayam betina? Ayam jago rupanya melambangkan makna kerja keras, semangat juang, dan keluarga sejahtera.

Mangkuk ayam jago kemudian banyak dibuat di Thailand lalu menyebar sampai ke Indonesia. Kini mangkuk ikonik ini masih banyak dijajakan di toko hingga e-commerce. Simak ulasannya dalam artikel di bawah ini.

Baca Juga: 6 Fakta Mangkuk Ayam Jago, Alat Makan Ikonik di Asia

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper: Nagihnya Pad Thai Udang Jumbo di Pasar Thailand"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT