Cuan Melimpah! Ini 5 Strategi Sukses Jalankan Bisnis Kuliner

ADVERTISEMENT

Cuan Melimpah! Ini 5 Strategi Sukses Jalankan Bisnis Kuliner

Dea Duta Aulia - detikFood
Kamis, 01 Sep 2022 18:40 WIB
Ilustrasi Bisnis Kuliner
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Kuliner merupakan salah satu bisnis yang menghadirkan peluang besar. Sebab setiap orang membutuhkan makanan dan minuman serta cita rasa kekayaan kuliner Indonesia yang beragam turut menjadi peluang tersendiri untuk menjalankan bisnis pada sektor tersebut.

Meskipun menghadirkan peluang yang besar, menjalankan bisnis kuliner tidak semudah seperti membalikan telapak tangan. Mengingat makanan yang memiliki masa kadaluarsa menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi ketika memulai bisnis kuliner.

Oleh karena itu, saat menjalankan bisnis pada sektor tersebut, kamu harus memiliki strategi yang matang. Sehingga roda bisnis kuliner kamu mampu terus berputar.

1. Buat Rencana Bisnis

Membuat rencana bisnis adalah hal krusial yang mesti dilakukan sebelum menjalankan bisnis kuliner. Dengan rencana bisnis yang matang, kamu bisa memastikan roda bisnis dapat terus berputar dan mendulang banyak cuan.

Oleh karena itu, dalam membuat rencana bisnis ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan seperti menentukan target pasar, gaya restoran atau tempat usaha, tentukan merek, dan harga bahan baku.

2. Pastikan Bisnis Kamu Unik

Hal mendasar untuk membuat bisnis kuliner atau apapun yakni memastikan produk yang dijual unik. Sebab banyak kasus kalau tidak ada pembeda alias menjiplak produk orang lain maka besar kemungkinan bisnis yang dijalankan tidak akan bertahan lama.

Oleh sebab itu, menghadirkan sesuatu yang unik merupakan hal yang wajib dilakukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghadirkan bisnis yang unik, seperti lebih berkreasi dengan menu makanan, menghadirkan diskon, mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen, dan lainnya.

3. Kelola Keuangan dengan Baik

Mengelola keuangan merupakan hal yang tidak boleh luput diperhatikan saat menjalankan bisnis kuliner. Sebab ketika memiliki keuangan baik maka bisnis yang dijalankan pun bisa tumbuh positif.

Agar keuangan usaha bisa terjaga dengan baik, ada sejumlah hal yang mesti diperhatikan seperti memisahkan uang pribadi dengan bisnis, lakukan analisis per hari, memahami akuntansi, siapkan dana cadangan, hindari hutang, dan amati arus keluar masuk uang.

4. Penentuan Lokasi

Maju atau tidaknya suatu usaha bisnis kuliner juga turut dipengaruhi oleh penentuan lokasi. Pasalnya setiap lokasi memiliki segmen konsumen yang berbeda-beda.

Usahakan pilih lokasi yang sesuai dengan menu makanan yang kamu jual. Sebagai contoh, jika kamu menjual makanan kue kecil atau snack maka bisa memilih lokasi yang berdekatan dengan sekolah.

5. Sajikan Makanan Lezat

Menyajikan menu makanan lezat dengan kualitas terjaga merupakan hal penting yang perlu diperhatikan ketika menjalankan bisnis kuliner. Dengan begitu, konsumen akan dengan senang hati untuk kembali lagi membeli makanan yang kamu jual.

Ada banyak menu makanan lezat yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha kuliner, seperti makanan dengan ciri khas lokal seperti liwet, ayam bakar, rendang, dan lainnya. Atau kamu juga bisa menyuguhkan menu makanan lain seperti Chinese food yang saat ini banyak digemari oleh orang-orang.

Agar kelezatan dari makanan yang disajikan terjaga kualitasnya, kamu bisa gunakan sejumlah produk dari ABC seperti Kecap Inggris, Saus Tiram, dan Minyak Wijen.

Khusus untuk Kecap Inggris ABC, produk ini terbuat dari perpaduan rempah pilihan yang menghadirkan rasa gurih, manis, dan beraroma nikmat. Kecap Inggris ABC juga cocok digunakan untuk marinasi daging, seafood, cah sayur, hingga dressing salad.

Saus Tiram ABC merupakan perpaduan konsentrat tiram alami yang menghasilkan saus kental sehingga membuat masakan menjadi lebih gurih dengan aroma tiram yang khas. Produk ini juga cocok digunakan untuk makanan seperti tumisan, bumbu saus dasar, Chinese food, dan seafood.

Sementara itu, Minyak Wijen ABC terbuat dari 100% ekstrak roasted sesame seed tanpa perasa tambahan sehingga menghasilkan aroma khas dan gurih. Produk ini cocok digunakan untuk marinasi, tumisan, sup, dan Chinese food.

Tak hanya itu, agar cuan yang didapatkan dari bisnis kuliner makin melimpah, kamu juga harus perkaya pengetahuan dengan mengikuti Webinar II KraftHeinz Food Service Institute: Kembangkan Bisnis Kulinermu Vol. 2 pada Kamis, 15 September 2022. Pada webinar tersebut akan diisi oleh sejumlah narasumber yang kompeten dalam bidang kuliner.

Para narasumber akan berbagi sejumlah ilmu mengenai cara menjalankan bisnis kuliner dengan baik dan benar. Serta cara memanajemen keuangan yang benar dalam menjalankan bisnis kuliner. Selain itu, webinar tersebut turut menghadirkan Business Coaching Contest KraftHeinz Food Service 2022 di mana bisnis kamu bisa dipromosikan secara gratis di detikcom.

Biar nggak makin penasaran, kamu bisa langsung kunjungi link ini untuk dapat tiket gratis dan di sini Business Coaching Contest KraftHeinz Food Service 2022.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT