ADVERTISEMENT

Tempe Kian Mendunia, Disebut Punya 'Koneksi' dengan Warga AS

Atiqa Rana - detikFood
Sabtu, 30 Jul 2022 15:30 WIB
Tempe sebagai warisan Indonesia yang kian digemari bahkan oleh warga Amerika Serikat
Foto: Detikcom / Atiqa Rana
Jakarta -

Tempe merupakan makanan asli Indonesia yang kini semakin digemari. Ternyata tempe cukup populer di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat.

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan fermentasi kedelai ini. Hal ini karena tempe sudah menjadi makanan sehari-hari orang Indonesia.

Tempe adalah sumber protein nabati yang baik bagi kesehatan. Makanan ini bisa memberi manfaat luar biasa mulai dari mencegah kanker, menurunkan risiko osteoporosis, hingga menurunkan berat badan.

Dengan manfaatnya yang luar biasa, tempe disebut sebagai makanan berkhasiat hebat (superfood) asal Indonesia. Karenanya sangat disayangkan jika tempe tidak diupayakan untuk mendunia.

Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta bersama dengan Soybean Export Council (USSEC) dan Forum Tempe Indonesia (FTI) menyelenggarakan acara yang menyoroti pentingnya tempe bagi masyarakat Indonesia. Acara ini diadakan di @america, Pacific Place Jakarta, (29/07).

Tempe sebagai warisan Indonesia yang kian digemari bahkan oleh warga Amerika SerikatKedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta bersama dengan beberaoa organisasi menyelenggarakan acara yang menyoroti pentingnya tempe bagi masyarakat Indonesia. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Dalam acara tersebut, Dadi Hidayat Maskar, STP, M.Sc dari USSEC (US Soybean Export Council) di Indonesia mengungkapkan bahwa mereka berusaha untuk mengangkat tempe sebagai produk unggulan Indonesia yang memiliki potensi untuk mendunia.

"Kita ingin mengangkat tempe sebagai warisan budaya indonesia yang memiliki potensi luar biasa sebagai produk unggulan bangsa Indonesia," ucap Dadi Hidayat kepada detikfood.

Meskipun bahan baku kedelai banyak diambil dari Amerika, namun olahan tempe Indonesia-lah yang paling banyak digemari. Tak heran jika kini tempe Indonesia semakin populer bahkan banyak olahan tempe mulai di ekspor ke berbagai negara termasuk Amerika, Jepang, dan Korea.

Acara ini juga diramaikan oleh Chef Degan Septoadji yang melakukan cooking demo bersama Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Sung Kim.

Chef Degan membuat menu tempe yang berbeda dari biasanya! Ia mengolah tempe menjadi lasagna dan sayur lodeh yang lebih modern dengan salmon.

Tempe sebagai warisan Indonesia yang kian digemari bahkan oleh warga Amerika SerikatLasagna tempe yang menjadi olahan Chef Degan. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

Chef Degan mengungkapkan bahwa tempe adalah makanan khas Indonesia yang sangat mudah untuk diolah. Khasiat yang berlimpah juga menjadikan tempe sebagai pilihan makanan sehat yang tepat.

Tempe sebagai warisan budaya Indonesia sudah mulai mendunia. Banyak pelaku hidup sehat di negara lain yang melirik makanan satu ini.

Duta Besar Sung Kim juga mengungkapkan bahwa tempe memiliki koneksi dengan masyarakat Amerika Serikat.

Tempe sebagai warisan Indonesia yang kian digemari bahkan oleh warga Amerika SerikatDuta Besar Sung Kim saat mengungkapkan bahwa tempe memiliki koneksi dengan warga Amerika Serikat. Foto: Detikcom / Atiqa Rana

"Saya pikir tempe memiliki koneksi dengan masyarakat Amerika Serikat karena AS telah menjadi importir kedelai terbesar untuk tempe dan tahu di Indonesia," ucapnya.

"Tapi semakin banyak orang Amerika mengetahui makanan Indonesia dan karena tempe menjadi bagian penting dalam masakan Indonesia, sehingga banyak masyarakat AS juga yang semakin mengenal tempe," lanjutnya saat diwawancarai.



Simak Video "Masak Masak: Resep Camilan Tempe Hot Jeletot "
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT