ADVERTISEMENT

Konsumsi Makanan Tinggi Protein Bikin Pola Makan Lebih Sehat

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 08 Jul 2022 05:00 WIB
makanan tinggi protein lebih sehat
Foto: Getty Images
Jakarta -

Penelitian terbaru menunjukkan kebiasaan konsumsi makanan tinggi protein bisa membuat seseorang lebih memilih makanan sehat. Ini hasil penelitiannya.

Kalau mau diet sehat, banyak pakar kesehatan menyarankan asupan makanan tinggi protein. Zat gizi makro ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk meningkatkan massa otot dan menciptakan efek kenyang yang lebih lama.

Biasanya asupan protein yang disarankan oleh ahli gizi disesuaikan dengan berat badan seseorang. Dilansir dari verywellfit.com (01/12/2021), rata-rata setiap orang dewasa membutuhkan minimal 0.8 gram protein per kilogram dari berat badannya.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Jurnal 'Obesity' kembali mengungkap manfaat protein. Peneliti mengungkap, meningkatkan asupan protein dalam menu harian mampu membantu seseorang saat diet. Secara khusus, kebiasaan makan ini juga mampu mempengaruhi pilihan makanan seseorang menjadi lebih sehat dan mengurangi massa tubuh.

Atas dasar penelitian itulah banyak orang yang mengklaim bahwa peningkatan asupan protein mampu membantu tubuh lebih sehat. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut penjelasan dari para ahli yang dirangkum dari medicalnewstoday.com (04/07).

1. Protein dan Massa Tubuh Tanpa Lemak

makanan tinggi protein lebih sehatProtein merupakan zat gizi yang mampu membuat fungsi tubuh bekerja dengan baik. Foto: Getty Images

Protein merupakan zat gizi yang mampu membuat fungsi tubuh bekerja dengan baik. Ini karena protein bisa mempertahankan struktur sel-sel tubuh dan mengontrol fungsinya.

Protein yang disarankan untuk dikonsumsi seperti ayam, daging ikan, ataupun jenis protein nabati seperti bayam, tahu, dan tempe.

Biasanya orang yang melakukan diet harus bisa menurunkan berat badan namun tetap mempertahankan massa tubuh tanpa lemak. Massa tubuh tanpa lemak atau (Lean Body Mass) tidak berkaitan dengan jaringan lemak tubuh, tetapi menjadi bagian yang terdiri dari otot dan massa otot.

Tantangan terbesar dalam diet adalah menemukan cara tepat untuk mempertahankan massa tubuh tanpa lemak itu. Salah satunya melalui konsumsi makanan tinggi protein.

Namun sampai saat ini, para peneliti masih mencari tahu cara kerja protein untuk bisa mempertahankan massa tubuh tanpa lemak sekaligus membantu penurunan berat badan.



Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip Lontong Kikil, Rujak Cingur dan Rawon"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT