ADVERTISEMENT

Marak Wabah PMK Sapi, Tak Perlu Takut Minum Susu

Tim Detikfood - detikFood
Kamis, 28 Jul 2022 18:15 WIB
happy young woman drinking milk over grey background
Foto: Istock
Jakarta -

Susu merupakan minuman bernutrisi yang kaya nutrisi. Maraknya wabah PMK pada ternak sapi tak lantas membuat susu sapi harus dihindari.

Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi masih ditangani pemerintah dalam hal ini dinas pertanian. Menurut data Kemetrian Pertanian per 10 Juli 2022, tercatat 329.829 hewan ternak yang terjangkit PMK atau sebanyak 97% atau 320.196 ekor. Sebagian besar di Jawa Timur dan Barat.

Selain usaha sapi potong di daerah tersebut yang terkena imbas, produsen susu sapi juga terkena dampaknya. Karena masyarakat konsumen selain mengurangi konsumsi daging sapi juga susu sapi.

Hal ini dialami juga oleh produsen susu nasional Diamond Group. Jumlah produksi susu mereka berkurang sekitar 30-40%. Apalagi sebagian produk susu segar mereka berasal dari Jawa Timur dan Jawa Barat.

Pada bulan Maret - April 2022, yang lebih dulu terhantam wabah PMK Jawa Timur, sementara pasokan dari Jawa Barat relatif aman. Namun di bulan Mei - Juni 2022, saat pasokan Jawa Timur belum pulih suplai Jawa Barat pun terganggu.

Tidak hanya kekurangan pasokan akibat banyak sapi tidak bisa bertahan, peternak yang khawatir melihat sapi mereka bergejala mulai memberikan antibiotik. Padahal secara aturan, antibiotik dilarang terkandung dalam bahan makanan.

Diamond Group terus menjaga kualitas produk susu dengan cara menyortir ketat pasokan susu segar yang masuk agar sesuai persyaratan mutu yang ditetapkan. Meski dari sisi bisnis, Diamond membutuhkan pasokan susu agar produksi stabil, namun tetap tidak mengorbankan konsumen.

Melissa Huang, Direktur PT Diamondfair Ritel Indonesia, anak usaha Diamond yang berfokus pada ritel online - offline menjelaskan, kondisi ini memaksa mereka berinovasi menciptakan berbagai cara agar masyarakat tidak takut minum susu.

"Kami terus mendukung gerakan minum susu, jangan sampai budaya ini berkurang. Salah satunya membuat bazaar dengan harga murah, agar masyarakat bisa memperoleh susu dengan harga terjangkau," ujar Melissa.

Diamondfair menawarkan produk susu dengan harga spesial.Diamondfair menawarkan produk susu dengan harga spesial. Foto: Dok. Diamond Group

Susu Sapi Aman Dikonsumsi

Dengan pengawasan kualitas susu sapi yang ketat, produk susu tetap aman dikonsumsi. Termasuk berbagai jenis produk olahan susu atau diary product.

Seperti yang dilakukan oleh Diamond Group yang menerapkan proses sterilisasi UHT (Uktra High Temperature) dengan suhu minimal 137 C. Untuk susu segar minimal 110 C. Suhu tinggi menjamin semua bakteri dan virus mati sehingga susu aman dikonsumsi.

Susu merupakan produk kaya nutrisi yang baik dikonsumsi segala usia. Menurut Melissa gerakan rajin minum susu tetap harus dijalankan. Mengingat susu kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang, gigi dan menjaga imunitas saat pandemi.

Diamondfair yang diadakan Dimond Group akan menggelar Super Bazaar pada 29 Juli 2022 di outlet yang berada di MM2100, Cibitung, Bekasi. Sementara untuk warga Jakarta dan sekitarnya, Diamondfair Ancol menggelar bazaar pada 2 Agustus 2022.

"Dalam bazaar ini, kami memberi potongan harga untuk susu UHT dan fresh milk serta produk olahan susu lainnya. Untuk informasi lebih lengkap, konsumen bisa mengikuti Instagram kami di @diamondfair.indonesia," tutup Melissa.



Simak Video "Berburu Sate Susu, Santapan Buka Puasa Khas Kampung Jawa di Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT