ADVERTISEMENT

5 Minuman Ini Bisa Cegah Demensia pada Anak Muda dan Lansia

Riska Fitria - detikFood
Selasa, 07 Jun 2022 06:00 WIB
Demensia
Foto: iStock
Jakarta -

Gangguan kesehatan otak seperti demensia dapat dicegah. Salah satunya dengan mengonsumsi minuman yang bernutrisi dan kaya antioksidan.

Demensia adalah gangguan kesehatan otak yang menyebabkan penurunan daya ingat untuk berpikir. Demensia umumnya dialami oleh orang lanjut usia.

Namun, tidak menutup kemungkinan anak-anak muda berusia 20-30 tahun bisa mengalaminya. Demensia dapat dicegah dengan pola makan yang sehat.

Ada beberapa minuman sehat yang bisa mencegah penyakit otak tersebut. Minuman sehat itu memiliki kandungan nutrisi terutama antioksidan dalam jumlah yang tinggi.

Dikutip dari Eat This not That, berikut 5 minuman sehat untuk mencegah demensia:

1. Teh Asli

Manfaat Minum Teh HangatMinum teh asli bisa meningkatkan fungsi kognitif Foto: Getty Images/iStockphoto/WiroKlyngz

Teh asli maksudnya adalah teh yang berasal dari tanaman Camellia sinensis. Ada beberapa jenis teh, mulai dari teh hijau, teh oolong, teh putih dan teh hitam.

Teh tersebut mengandung senyawa alami yang memiliki sifat antioksidan yang disebut flavonoid dan asam amino L-theanine. Teh terbukti dapat mendukung kesehatan otak.

Menurut penelitian, minum teh asli bisa meningkatkan fungsi kognitif, seperti mengurangi risiko demensia dan penyakit Alzheimer.

Baca Juga: Hati-hati! 4 Kebiasaan Minum Ini Bisa Tingkatkan Risiko Pikun

2. Jus Jeruk

Jus jeruk dapat memberikan manfaat sehat hingga efek panjang umurMinum jus jeruk asli dapat membuat tubuh jadi lebih bernutrisi Foto: Getty Images/iStockphoto

Jus jeruk juga merupakan minuman yang baik dikonsumsi untuk mengatasi demensia. Namun, pilihlah jus jeruk yang asli tanpa tambahan pemanis seperti gula, susu atau sirup.

Minum jus jeruk asli dapat membuat tubuh jadi lebih bernutrisi sehingga dapat menunjang kesehatan otak. Jus jeruk juga mengandung antioksidan flavonoid.

Selain itu, juga terdapat kandungan vitamin C,tiamin dan vitamin B6. Peneliti menyebutkan bahwa minum jus jeruk dikaitkan dengan kesehatan otak, sehingga terhindar dari demensia.



Simak Video "Bikin Laper: Kulineran Malam di Pontianak"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT