ADVERTISEMENT

9 Makanan Ini Bisa Tingkatkan Kadar Elektrolit Agar Tubuh Tak Lemas

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 06:00 WIB
Makanan yang cocok untuk tingkatkan elektrolit.
Foto: iStockphoto
Jakarta -

Agar tetap sehat, tubuh perlu kadar elektrolit yang seimbang. Mengonsumsi 9 makanan ini bisa membantu tingkatkan kadar elektrolit agar tak lemas.

Elektrolit adalah mineral yang bila dikombinasikan dengan cairan seperti air, akan memicu impuls listrik dalam tubuh. Impuls inilah yang nantinya akan membantu bahan bakar sel-sel tubuh agar tetap berfungsi dengan baik.

Tubuh memiliki beberapa jenis elektrolit seperti natrium, klorida, kalium, magnesium, dan kalsium yang penting untuk kesehatan. Jika elektrolit tersebut tidak seimbang, maka akan menyebabkan gangguan elektrolit. Kondisi ini nantinya bisa menimbulkan beberapa gejala seperti mual, diare, kelelahan, sakit kepala, pusing, kram otot, hingga detak jantung yang kencang.

Jika orang telah kehilangan kadar elektrolitnya, disarankan untuk mengonsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu. Dirangkum dari birdie.com, inilah 9 makanan yang bisa tingkatkan kadar elektrolit tubuh.

1. Garam

Garam dikenal sebagai bahan makanan yang bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan. Nyatanya kadar garam tertentu juga dibutuhkan oleh tubuh. Ahli gizi Monique Ryan mengatakan bahwa meskipun tidak menginginkan kelebihan natrium, tetapi tubuh tetap membutuhkannya.

Cara terbaik untuk mendapatkan asupan garam yaitu dengan memberi secukupnya garam pada makanan, namun gunakan garam alami seperti garam laut yang tidak dimurnikan.

2. Tempe

Makanan yang cocok untuk tingkatkan elektrolit.Produk kedelai yang difermentasikan ini dapat membantu memberi asupan elektrolit kalsium, magnesium, dan fosfor pada tubuh. Foto: iStockphoto

Tempe adalah protein nabati yang baik untuk kesehatan tubuh. Tempe juga memiliki beberapa kandungan yang dapat membantu meningkatkan kadar elektrolit dalam tubuh.

Produk kedelai yang difermentasikan ini dapat membantu memberi asupan elektrolit kalsium, magnesium, dan fosfor pada tubuh.

3. Pisang

Pisang dikenal dengan kandungan potasium nya yang tinggi. Ini adalah elektrolit yang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh ketika berolahraga.

Bahkan suatu penelitian menunjukkan bahwa makan pisang sebelum atau selama berolahraga berat dapat memberikan energi yang baik pada tubuh.



Simak Video "Pos Ketan Legenda, Camilan Legendaris di Pasar Laron Batu"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT