ADVERTISEMENT

10 Makanan Khas Bali yang Halal, Ayam Betutu hingga Nasi Campur Enak!

Noviana Windri Rahmawati - detikFood
Rabu, 20 Jul 2022 15:00 WIB
Ilustrasi makanan khas Bali.
Foto: Shutterstock
Bali -

Bali menawarkan banyak pilihan wisata, termasuk wisata kuliner yang sayang dilewatkan. Bagi muslim tak perlu khawatir, 10 makanan khas Bali yang halal ada banyak. Cek 10 rekomendasinya di sini.

Makanan khas Bali tak hanya babi guling atau nasi campur babi saja, tapi juga berbagai makanan lain yang sifatnya halal. Muslim pun bisa mencicipinya saat jalan-jalan ke Pulau Dewata.

Pilihannya beragam, termasuk ayam betutu, sup kepala ikan, nasi campur Bali lauk halal, hingga nasi ayam yang rasanya istimewa. Beberapa tempat ini bahkan sudah terkenal dengan menu-menunya yang enak.

Di mana saja lokasinya? Berikut 10 makanan khas Bali yang halal berikut tempat menikmatinya:

Nasi ayam Bu Oki dan Nasi Pedas Ibu AndikaNasi campur yang disajikan bu Andika ini begitu tersohor. Foto: (Syanti/detikcom)


1. Nasi Pedas Bu Andika

Sejak lama nasi pedas racikan Bu Andika terkenal di Bali. Meski namanya nasi pedas, namun lauk yang dijual tidak semuanya pedas.

Nasi Pedas Bu Andika menjual berbagai makanan rumahan seperti aneka olahan ayam, urap, sayur lodeh, usus goreng, kulit krispi, tempe manis dan masih banyak lagi. Harga nasi pedas Bu Andika bervariasi menyesuaikan jenis lauk pauk yang dipilih.

Alamat: Jalan Blambangan No.55, Kuta, Badung, Bali

Jam buka: 24 jam

Nomor telepon: 0813-5301-9123

2. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku Ubud

Cari nasi ayam enak dan legendaris di Bali? Mampirlah ke Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku yang sudah ada sejak tahun 1964. Didirikan oleh ibu Mangku, awalnya ia berjualan dari satu tempat ke tempat lainnya di sekitaran Desa Kedewatan, Ubud.

Pada tahun 1968, Ibu Mangku mendapatkan tempat di persimpangan jalan Kedewatan. Di sana Ibu Mangku berjualan hingga 18 tahun lamanya dan pada akhirnya Ibu Mangku memutuskan untuk membuka usahanya di rumah tinggal beliau di Kedewatan.

Isian nasi ayam ini lengkap. Di antaranya ayam betutu, sate lilit, ayam suwir, telur pindang, ati ampela, sayur urab, kacang, gorengan ayam, sambal, timun selada dan tentunya kuah betutu.

Alamat: Jalan Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali

Jam buka: 07.00 Wita-21.00 Wita

Website: https://nasiayamkedewatanibumangku.com/

Nomor telepon: (0361) 974795

Baca Juga: Nasi AyamKedewatan Ibu Mangku : Kelezatan Nasi Ayam Legendaris Bali



Simak Video "Gurih Pedas Nasi Jinggo Sambal Belut di Bali"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT