ADVERTISEMENT

Lezatnya Kuliner Betawi

Lucu! Di PRJ Bisa Jajan Gulali Kapas Bentuk Beruang hingga Keropi

Atiqa Rana - detikFood
Rabu, 29 Jun 2022 14:00 WIB
Gulali Kapas jajanan sekolah
Foto: Detikcom
Jakarta -

Kuliner yang ada di Pekan Raya Jakarta (PRJ) bukan hanya makanan Betawi. Ada juga makanan dan jajanan unik seperti gulali kapas yang memiliki beragam bentuk menggemaskan ini.

Biasanya gulali kapas hanya dibentuk menjadi bulat atau lonjong, tetapi gulali kapas yang ada di PRJ ini bisa dibentuk seperti karakter kartun yang lucu. Mulai dari Hello Kitty, My Melody, beruang, Elmo, Keropi, dan masih banyak lagi.

Gulali Kapas jajanan sekolahSalah satu gulali kapas yang dibentuk menjadi Hello Kitty. Lucu ya! Foto: Detikcom

Meski bukan makanan khas Betawi, tetapi gulali kapas bisa ditemukan di kawasan kuliner Betawi di PRJ. Berbagai macam bentuk gulali kapas yang menggemaskan terpajang di sisi depan stand jualannya. Hal inilah yang bikin banyak pengunjung terpikat, terutama anak-anak.

Ditemui detikfood (21/06), penjual gulali kapas bernama Mas Ardi bercerita bahwa dia telah berjualan gulali sejak lama. Awal mula dia berjualan karena memiliki motivasi tersendiri. "Kalau jualan ini sih udah lama, awalnya ya karena termotivasi aja," ucap Mas Ardi.

Jika tidak berjualan di PRJ, biasanya mas Ardi dan teman-teman yang lain berjualan di acara-acara besar saja. "Ya puteran event-event aja," ucapnya.

Proses pembuatan gulali kapas ternyata cukup rumit. Mas Ardi harus memanaskan api besar agar gula berwarna-warni bisa terbentuk dengan sempurna. Satu gulali kapas bisa dibuat dengan durasi kurang lebih 15 menit.

Gulali Kapas jajanan sekolahApi mulai dipanaskan agar gula bisa terbentuk menjadi kapas sehingga mudah dibentuk. Foto: Detikcom

Di PRJ, Mas Ardi mengatakan bahwa warna yang tersedia hanya 4 yaitu putih, biru, pink, dan oranye. Namun biasanya kalau tidak jualan di PRJ, warna yang tersedia bisa lebih banyak sampai 6 warna. Untuk soal rasa, semua warna memiliki rasa yang sama.

"Kalau rasa, rasanya sama gula. Cuma warnanya yang beda. Biasanya sih enam, cuma ini hanya empat. Khusus di PRJ empat," ucapnya kepada detikfood.

Gulali Kapas jajanan sekolahDi PRJ, Mas Ardi mengatakan bahwa warna yang tersedia hanya 4 yaitu putih, biru, pink, dan oranye. Foto: Detikcom

Mas Ardi juga mengungkap bahwa gulali kapas ini lebih banyak dinikmati oleh anak-anak. Tak heran, karena bentuknya yang beragam dan warna-warni pasti membuat anak-anak tertarik untuk membelinya.

Ternyata untuk membuat kreasi gulali kapas dengan bentuk yang menarik ini, Mas Ardi harus mempelajarinya secara khusus terlebih dahulu. "Ya sekolah dulu, ini harus sekolah (untuk membuatnya)," ungkapnya.

Mungkin gulali kapas memang bukan makanan khas Betawi, tetapi kehadirannya di PRJ bisa membuat banyak orang bernostalgia jajanan sekolahan. Tak sedikit orang dewasa yang juga memborongnya lho!



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT