Lezatnya Kuliner Betawi

Kian Langka, Laksa Betawi yang Gurih Segar Bisa Dicicipi di PRJ

Atiqa Rana - detikFood
Jumat, 24 Jun 2022 17:00 WIB
Laksa betawi di PRJ
Foto: Detikcom
Jakarta -

Laksa betawi menjadi kuliner khas suku Betawi yang sayang dilewatkan. Salah satu penjual laksa betawi di PRJ ini menyajikan seporsi laksa yang lengkap isiannya.

Kuliner Betawi tidak ada habisnya. Salah satu makanan khas Betawi yang berkuah segar adalah laksa betawi. Makanan yang kian langka dan tak banyak disorot ini layak dicoba ketika mengunjungi Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Di jejeran penjual makanan khas Betawi, ada salah satu penjual yang tidak hanya berjualan laksa tetapi juga menjajakan makanan khas Betawi lainnya. Penjual laksa betawi ini bernama Mpok Ipeh.

Ditemui detikfood (24/06), Mpok Ipeh mengatakan bahwa dirinya tidak hanya menjual laksa, tetapi juga makanan khas Betawi lain seperti kerak telor dan tauge goreng. Ada sebuah cerita unik di balik pemilihan menu yang dijualnya itu.

Laksa betawi di PRJMpok Ipeh mengatakan bahwa dirinya tidak hanya menjual laksa, tetapi juga makanan khas Betawi lain seperti kerak telor dan tauge goreng. Foto: Detikcom

Mpok Ipeh mengatakan dia menjual menu, tergantung permintaan dari pelanggan. Awalnya Mpok Ipeh hanya menjual kerak telor yang sudah didirikan dari tahun 1982, lalu pada tahun 2014, dia dan keluarganya menambah menu baru yaitu laksa betawi.

Selama berjualan, Mpok Ipeh mengungkap dia menawarkan beberapa menu lain seperti laksa, toge, dan kerak telor. Namun jika ada pelanggan yang ingin dibuatkan beberapa makanan Betawi lainnya seperti asinan Betawi dan bir pletok, Mpok Ipeh bakal menerima permintaan pelanggan itu.

"Ibu jualan ini aja toge goreng, laksa, kerak telor, kadang-kadang asinan Betawi ibu bikin juga. Bir pletok kalau ada yang minta bikinin, ibu bikinin juga," ucapnya kepada detikfood.

Semua makanan Betawi yang dijualnya benar-benar dibuat sendiri. Mpok Ipeh memang orang Betawi asli. Dia juga mengungkapkan bahwa resep masakan Betawi ini dia dapatkan dari nenek dan kakeknya. Laksa betawi miliknya terdiri dari potongan ketupat, tauge, daun kemangi, daun kucai, bihun, serta kuah santan kelapa yang resepnya rahasia.

Laksa betawi di PRJLaksa betawi miliknya terdiri dari potongan ketupat, tauge, daun kemangi, daun kucai, bihun, serta kuah santan kelapa yang resepnya rahasia. Foto: Detikcom

"Kalau ibu mah emang bikin laksa betawi aja dari nenek. Isinya ketupat, tauge, daun kemangi, daun kucai, sama bihun. Kuahnya santan sama kelapa," ucap Mpok Ipeh. "Kalau laksa dari nenek, kalau kerak telor dari kakek. Dari tahun 1982 dia sudah jualan," lanjutnya.

Sebelum di PRJ Mpok Ipeh biasanya berjualan di Monas, tepatnya di Lenggang Jakarta. Namun karena sudah tutup, Mpok Ipeh pun libur. Akhirnya kesehariannya dihabiskan dengan berdagang kerak telor di kawasan wisata Kota Tua di Jakarta Pusat.

Harga seporsi laksa Betawi yang ditawarkan di PRJ yaitu Rp 25.000. Harga ini naik Rp 5.000 dari harga asli karena biaya sewa tempat yang terbilang mahal. Meskipun harganya naik, beruntungnya laksa Betawi milik Mpok Ipeh tetap ramai diserbu pelanggan.



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(aqr/odi)