Lezatnya Kuliner Betawi

Es Selendang Mayang Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJ

Sonia Basoni - detikFood
Jumat, 24 Jun 2022 13:00 WIB
Es Selendang Mayang  Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJ
Foto: detikFood
Jakarta -

Es selendang mayang merupakan es tradisional khas Betawi yang mulai jarang ditemukan. Tapi siapa sangka di PRJ tahun ini, es selendang mayang jadi minuman primadona.

Kuliner Betawi banyak ragam dan jenisnya. Tak hanya di makanan utama saja yang enak seperti Soto Betawi hingga Laksa Betawi. Tapi es segar manis tradisionalnya juga sayang untuk dilewatkan.

Salah satunya es selendang mayang. Es jadul satu ini merupakan minuman manis ala Betawi, ciri khasnya terletak pada adonan berlapis-lapis yang terbuat dari tepung sagu aren.

Es Selendang Mayang  Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJEs Selendang Mayang Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJ Foto: detikFood

Di Jakarta Fair 2022 atau Pekan Raya Jakarta (PRJ), ada banyak jajanan dan makanan khas Betawi yang bisa dicicipi di sana. Seperti menu es selendang mayang dijual oleh Pak Adi.

Baca Juga: 200 Penjual Makanan Hadir di Jakarta Fair 2022, Ini 5 Tips Kulineran di Sana" selengkapnya

Setiap harinya selama satu bulan penuh, Pak Adi berjualan es selendang mayang dengan pikulan sederhana, yang letaknya berada di dekat pintu masuk Pucuk Culinary Festival.

"Saya sudah berjualan es selendang mayang belum terlalu lama, baru dari 2014. Biasanya kalau sedang tidak ada bazaar atau acara PRJ seperti ini, saya jualannya keliling di daerah Tanjung Barat," jelasnya ke detikFood (22/06).

Es Selendang Mayang  Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJEs Selendang Mayang Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJ Foto: detikFood

Pak Adi setiap harinya hanya membawa 200 gelas es selendang mayang yang sudah dia racik dari rumah. Harganya dia jual cukup murah, dibandingkan makanan dan minuman lainnya yang berada di dalam PRJ. Per gelasnya hanya Rp 10.000.

"Kalau di luar harganya bisa lebih murah lagi, karena memang es selendang mayang itu minuman warga Betawi yang terjangkau ya. Cuma karena kita harus bayar biaya sewa tenant di sini, jadi harga pun menyesuaikan, tapi alhamdulillah. Setiap hari es selendang mayang selalu habis," sambung Pak Adi.

Bahkan di akhir pekan, dagangan es selendang mayang sejumlah 200 gelas ini bisa ludes terjual dalam hitungan jam saja.

Es Selendang Mayang  Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJEs Selendang Mayang Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJ Foto: detikFood

"Orang-orang biasanya habis makan laksa Betawi, toge goreng, atau kerak telor, pesen minumnya ya es selendang mayang," tutur Pak Adi.

Menurutnya banyak orang yang bertanya tentang arti nama es selendang mayang. Kata selendang sendiri diambil dari warnaadonan sagu aren yang berwarna merah dan hijau seperti selendang.

Kemudian untuk nama mayang merupakan kiasan yang menggambarkan manis dan kenyal.

"Untuk selendang mayangnya, sama bahan-bahannya seperti pakai tepung sagu aren terus dicampur dengan tepung hunkwe. Pakai pandan juga biar wangi, sama sedikit perwarna makanan merah dan hijau, untuk kasih ciri khas di sagunya itu," ungkap Pak Adi.

Adonan tepung hunkue dan sagu aren diberi warna hijau dan merah, mirip kue lapis kanji di dalam wadah. Kemudian dipotong-potong tipis dan diracik dalam mangkuk atau gelas.

Es Selendang Mayang  Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJEs Selendang Mayang Betawi Jadi Minuman Paling Laris di PRJ Foto: detikFood

Es selendang mayang itu lalu disajikan dengan es batu, siraman santan yang sudah diberi daun pandan. Kemudian kalau Pak Adi menggunakan gula putih yang direbus hingga kental. Jadi tidak pakai gula merah.

"Penggunaan gula merah atau gula putih cair itu sesuai selera aja. Kalau pakai gula merah, warnanya jadi lebih cokelat, itu aja bedanya," pungkasnya.

Untuk pembeli es selendang mayang di PRJ, ternyata bukan dari kalangan orangtua saja lho. Banyak anak muda, hingga anak kecil yang ikut mengantre untuk mencicipi es jadul legendaris dari Betawi ini.

Selain es selendang mayang, ada banyak kuliner khas Betawi lainnya yang bisa dicicipi di PRJ. Seperti dodol Betawi yang dibuat langsung di tempat. Kemudian ada soto Tangkar, soto Betawi, laksa Betawi, toge goreng hingga puluhan pedagang kerak telor yang tersebar di dalam arena PRJ.

Baca Juga: Makan di Warung Seafood PRJ yang Disebut Getok Harga, Ini 5 Faktanya" selengkapnya



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)