ADVERTISEMENT

Makan di Warung Seafood PRJ yang Disebut Getok Harga, Ini 5 Faktanya

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 22 Jun 2022 14:30 WIB
Makan di Warung Seafood PRJ yang Disebut Getok Harga, Ini 5 Faktanya
Foto: detikFood
Jakarta -

Heboh 'getok harga' di warung seafood tenda dekat PRJ, Kemayoran yang disebut kemahalan. Makan di warung tersebut, ini 5 faktanya!

Semenjak PRJ atau Pekan Raya Jakarta dibuka mengundang banyak animo masyarakat untuk berkunjung ke sana. Ada banyak warung tenda dadakan, yang tiba-tiba berjualan di area pintu masuk sampai pintu keluar PRJ.

Salah satunya yang bikin heboh, kehadiran warung-warung tenda seafood kaki lima yang hanya muncul jika ada acara atau PRJ saja. Tapi kebanyakan warung tenda seafood ini tidak mencantumkan harga di daftar menu mereka. Karena itu banyak pembeli yang merasa terkecoh ketika akan membayar tagihan makan.

Seperti kejadian di warung Restu Jaya Seafood, yang viral di media sosial (20/06). Saat itu salah satu pengunjung di sana mengeluhkan harga makanan dengan menu ikan bawal dan kerang hijau sampai Rp 250 ribu.

Penasaran dengan kebenarannya, detikcom menyambangi langsung warung Restu Jaya Seafood (21/06) dan memesan beberapa makanan di sana.

Berikut ini 5 fakta yang kami temui di sana:

1. Warung Tenda Seafood 'Dadakan'

Makan di Warung Seafood PRJ yang Disebut Getok Harga, Ini 5 FaktanyaMakan di Warung Seafood PRJ yang Disebut Getok Harga, Ini 5 Faktanya Foto: detikFood

Tak jauh dari pintu keluar PRJ, ada sekitar 4-6 warung tenda yang rata-rata menjual hidangan seafood berjejer di pinggir jalan. Salah satu yang paling besar adalah warung Restu Jaya Seafood, yang viral karena harga makanannya mahal.

Kami sampai ke lokasi sekitar jam 20.00. Warung tenda semi permanen itu cukup luas, dan besar. Bisa menampung sekitar 100 orang. Ada 2-3 meja yang terisi oleh pengunjung lain, yang rata-rata merupakan pengunjung yang baru pulang dari PRJ.

Satu yang paling terlihat jelas, adalah daftar menu yang sama sekali tidak mencantumkan jenis harga, jenis ikan, hingga jenis kepiting dan menu lain yang disajikan.

2. Harga Makanan

Makan di Warung Seafood PRJ yang Disebut Getok Harga, Ini 5 FaktanyaMakan di Warung Seafood PRJ yang Disebut Getok Harga, Ini 5 Faktanya Foto: detikFood

Menu yang ditampilkan cukup banyak. Misalnya di bagian menu ikan. Ada pilihan ikan bakar, saos Padang, saos asam manis, tiram, hitam, goreng kering atau masak tauco.

Tak mau terkecoh dengan harganya, kami pun lebih dulu bertanya tentang harga-harga makanan di sini ke salah satu pelayan yang melayani kami.

"Kalau ikan yang tersedia hari ini cuma ada ikan bawal sama gurame aja. Ikan bakar sedang kosong. Kalau ikan dimasak tanpa saus, atau cuma digoreng kering itu harganya Rp 130.000. Tapi kalau dimasak pakai saus harganya jadi Rp 135.000," ungkap pelayan di Restu Jaya Seafood.

Ketika kami tanya ukuran ikan yang dijual, pelayan ini kesulitan menjawab. Namun untuk ikan bawal ia menyebut beratnya bisa mencapai 6 ons, sementara untuk ikan gurame bisa disantap dua orang, karena ukurannya tak terlalu besar.

Makan di Warung Seafood PRJ yang Disebut Getok Harga, Ini 5 FaktanyaTampilan Ikan Gurame Rp 135 Ribu. Foto: detikFood

Pilihan kami pun jatuh ke ikan gurame goreng dengan saus Padang, karena saus Padang merupakan menu andalan di sini.

Untuk menu lainnya seperti cumi, cumi goreng tepung dihargai Rp 70.000 per porsi, kalau cumi dengan tumisan saus harganya jadi Rp 75.000 per porsi. Untuk olahan kerang dara dan ijo seporsinya Rp 50.000.

Makan di Warung Seafood PRJ yang Disebut Getok Harga, Ini 5 FaktanyaKangkung Harga Rp 25 ribu. Foto: detikFood

"Paling mahal itu kepiting harganya sekitar Rp 150.000an, tapi ukurannya gak tentu namanya juga kepiting ya. Di sini ada juga menu pecel ayam sudah pakai nasi harga Rp 35.000, kalau tumis kangkung Rp 25.000," sambung pelayan tersebut.

Kami pun memesan menu tambahan pecel ayam, dengan tambahan tiga es teh manis.



Simak Video "4 Kuliner Khas Betawi yang Ada di PRJ 2022"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT