Bakso Kotak yang Unik di Denpasar Ini Dibuat dari 90% Daging!

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikFood
Jumat, 24 Jun 2022 15:30 WIB
Tampilan menu bakso kotak yang ditawarkan di Bakso Kotak Niken di Jalan Merdeka IV No 3A Denpasar, Bali
Foto: Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali
Denpasar -

Di Denpasar ada menu bakso unik yang menarik perhatian foodies. Bentuknya bukan bulat, melainkan kotak dengan komposisi bahan istimewa. Rasanya daging banget!

Bakso umumnya berbentuk bulat, tapi ada juga bakso unik bentuk lain yang jadi sorotan. Sebut saja bakso gepeng, bakso tumpeng, hingga bakso bentuk kuburan!

Variasi bentuk bakso memang tak terbatas karena adonan bisa dicetak atau dibentuk sesuai selera. Salah satunya diperkenalkan Bakso Kotak Niken di Denpasar, Bali.

Warung bakso di Jalan Merdeka IV Nomor 3A ini menawarkan menu andalan, bakso kotak yaitu bakso berbentuk kota-kotak kubus. Jenisnya ada bakso daging sapi dan ayam.

Menariknya, adonan bakso di sini dibuat dari 90% daging dan 10% sisanya adalah tepung. Hal ini membuat cita rasa gurih bakso begitu kuat dan istimewa.

Baca Juga: "Bakso Celeng 100% Haram" Bikin Bule di Bali Ketagihan Enaknya

Kepada detikBali (21/6), sang pemilik usaha yaitu Niken Widiastuti mengatakan, "Kalau di sini kami hanya pakai takaran tepung 10 persen saja dan hanya untuk mengikat daging. Sisanya full dengan daging. Kalau kuahnya kami buat dengan campuran sumsum selama tiga jam dengan takaran bumbu yang pas dan bawang putih."

Niken mengakui peminat bakso kotak begitu banyak. Saat akhir pekan, penjualannya bisa mencapai 150 porsi, sedangkan pada hari biasa rata-rata terjual puluhan porsi.

"Di sini setiap hari stok 70-80 kg daging. Variasi bakso di sini juga banyak sekali, kurang lebih 35 macam bakso tapi tetap bakso kotak ini yang paling dicari karena memang di Bali satu-satunya bakso kotak hanya ada di sini," lanjutnya.

Baca Juga: 5 Bakso Gerobak Enak di Jabodetabek yang Jual Ratusan Porsi Setiap Hari!

Bukan tanpa alasan ia menjual bakso kotak. Niken mengatakan ingin buat bakso unik.

Dirinya berujar, "Saya ingin baksonya unik dan dicari banyak orang. Kalau bakso bulat rasanya ribuan tukang bakso juga jual. Saya ingin mencari dan berkreasi suatu menu yang dimana orang tidak bisa jual karena kita harus punya ciri khas," jelasnya.

Per porsi bakso kotak sudah lengkap isiannya. Ada tauge, sayur hijau, seledri dan bawang putih goreng yang melimpah yang merupakan ciri khas yang dimiliki oleh tempat ini. Pilihan mie-nya beragam, ada mie kuning, bihun, atau kwetiau.

Niken mengatakan respons pengunjung terhadap bakso buatannya beragam. Salah satunya ada yang menyarankan ia buka cabang di Singapura. Bagaimana ceritanya?

Dan berapa harga bakso kotak 'full daging' yang ada di Denpasar ini? Baca artikel selengkapnya DI SINI. https://www.detik.com/bali/kuliner/d-6139769/mencicipi-bakso-kotak-di-denpasar-tepung-hanya-10-sisanya-daging

Baca Juga: Mencicipi Bakso Kotak di Denpasar, Tepung Hanya 10% Sisanya Daging



Simak Video "Bikin Laper: Gurih Manis Ayam Bakar yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)