Berita Terpopuler

Restoran China Hanya Terima Uang Tunai hingga Beda Makanan di Jatim Bikin Bingung

Sonia Basoni - detikFood
Senin, 23 Mei 2022 09:30 WIB
Kenapa Restoran China Hanya Terima Pembayaran Tunai? Ini Alasannya
Foto: Getty Images/Edwin Tan
Jakarta -

Beda nama makanan di Jawa Timur bikin netizen bingung. Ada kisah udang dari Indonesia yang dijual di Amerika, hingga restoran China hanya terima uang tunai.

Perbedaan daerah dan kota bisa membuat nama dan satu jenis makanan berubah juga pengucapannya. Seperti curhatan para warga yang tinggal di daerah Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang (Jaboetabek) yang bingung saat mencicipi makanan di derah Jawa Timur (Jatim).

Perbedaan nama makanan ini berhasil membuat orang Jabodetabek yang mampir ke Jatim jadi bingung sendiri. Terutama ketika disajikan dengan bakwan sampai pecel lele.

Kemudian ada fakta menarik yang ditemukan salah satu pengguna TikTok Traveler asal Indonesia saat di Amerika. Dirinya dibuat terpukau dengan penampilan udang segar yang disajikan di salah satu restoran di sana, yang ternyata udangnya berasal dari Indonesia.

Terakhir ada fakta menarik tentang restoran China, yang kebanyakan hanya menerima pembayaran dengan uang tunai saja. Padahal kebanyakan restoran di era sekarang, lebih memilih pembayaran non tunai yang praktis.

Berikut tiga artikel yang paling menarik minat pembaca detikFood kemarin (22/05).

1. Perbedaan Nama Makanan di Jatim

Beda Nama Makanan di Jawa Timur dan Jabodetabek yang Bikin BingungBeda Nama Makanan di Jawa Timur dan Jabodetabek yang Bikin Bingung Foto: Twitter TikTok/FFess/Site

Perbedaan budaya ternyata tak hanya di alami antar negara saja. Tapi perbedaan budaya ini bisa dirasakan di antar daerah, seperti budaya kuliner yang begitu luas dan beragam di Indonesia. Bayangkan saja, banyak perbedaan nama makanan yang membuat orang Jabodetabek bingung saat mampir ke Jatim.

Perbedaan nama ini jadi curhatan yang cukup menarik kalangan netizen pengguna Twitter. Lewat akun sharing seputar makanan @FoodFess, netizen asal Jabodetabek sempat bingung ketika menemukan bahwa mayoritas nasi goreng di Jatim berwarana merah pekat. Belum lagi bakwan yang identik dengan gorengan di Jabodetabek, berubah jadi bakso dan pangsit di daerah Jatim.

Selain itu ada juga nama pecel lele yang di daerah Jatim lebih dikenal dengan nama penyetan. Serta makanan lainnya yang punya nama berbeda di sana.

Baca Juga: Beda Nama Makanan di Jawa Timur dan Jabodetabek yang Bikin Bingung" selengkapnya


2. Udang Indonesia di Restoran Amerika

Kulineran di Amerika kafet pesan udang yang dipesan import dari IndonesiaKulineran di Amerika kafet pesan udang yang dipesan import dari Indonesia Foto: TikTok @_vanisaflo_

Kulineran di luar negeri, pastinya orang akan semangat mencicipi aneka makanan yang tidak bisa mereka temukan di negaranya. Seperti traveler asal Indonesia @_vanisaflo_, yang terkejut ketika mampir ke salah satu restoran di Boston, Amerika dan memesan udang di sana.

Tampilan udang yang segar dan besar membuatnya iseng bertanya ke ke pelayan restoran. Ternyata asal udang segar itu bukan berasal dari Amerika, melainkan dari Indonesia. Videonya ini langsung viral dan ditonton banyak orang di TikTok.

Baca Juga: Kulineran di Amerika, Wanita Ini Dapati Udang yang Dipesan Impor dari Indonesia" selengkapnya



Simak Video "Restoran China di Hotel Karawang"
[Gambas:Video 20detik]