Beda Nama Makanan di Jawa Timur dan Jabodetabek yang Bikin Bingung 

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 22 Mei 2022 11:00 WIB
Beda Nama Makanan di Jawa Timur dan Jabodetabek yang Bikin Bingung
Foto: Twitter TikTok/FFess/Site
Jakarta -

Tampilannya sama, banyak makanan yang memiliki nama berbeda ketika ada di daerah lain. Seperti kisah perbedaan nama makanan antara Jabodetabek dan Jawa Timur.

Banyaknya kuliner Indonesia yang melimpah, membuat semua daerah dan kota memiliki makanan khas masing-masing. Meski tampilannya nyaris sama, dari segi rasa hingga bahan makanan. Tapi perbedaan nama kadang suka membuat orang bingung.

Topik perbedaan nama makanan di daerah inilah yang tengah disorot netizen di TikTok dan Twitter. Dari unggahan foto di akun sharing makanan @FOODFESS2 (20/05), seorang netizen dengan identitas anonim bertanya tentang fenomena perbedaan nama makanan.

Baca Juga: Ini Perbedaan Budaya Makan di Sumatera, Tidak Pelit Lauk" selengkapnya

"Emangnya di setiap daerah beda-beda gini ya?" tanya netizen tersebut. Lengkap dengan tangkapan layar video dari TikTok, tentang kebingungan orang yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Tangerang (Jabodetabek) ketika kuliah di Jawa Timur (Jatim).

Mulai dari orang Jatim yang menyebutkan pecel lele sebagai penyetan. Kemudian tampilan martabak telor, yang disajikan tanpa cuka, lalu tampilan nasi goreng di Jatim didominasi dengan warna merah.

Beda Nama Makanan di Jawa Timur dan Jabodetabek yang Bikin BingungBeda Nama Makanan di Jawa Timur dan Jabodetabek yang Bikin Bingung Foto: Twitter TikTok/FFess/Site

Penyebutan mie ayam yang jadi pangsit. Kemudian jajan bakwan malah siomay yang muncul, sampai penggunaan bihun berwarna biru muda di bakso yang ada di sana.

Menanggapi hal ini, netizen di Twitter membagikan tentang perbedaan makanan antara Jabodetabek dan Jatim yang kadang membuat orang syok saat pertama kali tinggal di sana. Memang banyak orang Jabodetabek yang merantau ke Jatim untuk kuliah di sana.

"Aku orang Surabaya, pas di Surabaya bingung gimana ceritanya bakso pake lontong. Terus kuahnya hambar lagi," komplain @mix**.

"Nder, aku syok pas tau mie ayam di daerah Sragen, berkuah dan dibungkus pake kresek bukan kering. Bisanya kuah dipisah dibungkus pake kertas bungkus," sambung @soc**.

"Setau aku bakwan di Jawa Timur itu kaya bakso. Tapi emang bener banget, nasi goreng di Jatim merah. Sama bihun baksonya warna biru, tapi katanya nyokap itu bukan bihun melainkan so'un wkwk," info @ow**

Beda Nama Makanan di Jawa Timur dan Jabodetabek yang Bikin BingungBeda Nama Makanan di Jawa Timur dan Jabodetabek yang Bikin Bingung Foto: Twitter TikTok/FFess/Site

Tak hanya warga Jabodetabek saja yang terkejut dengan perbedaan makanan ini. Banyak warga asal Jatim, yang ikut kaget saat makan di Jabodetabek.

"Aku sebagai orang Jatim, susah banget nyari nasi goreng merah di sekitar Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan. Adanya pake kecap dan manis. Sedangkan nasi goreng di Jatim pedes gurih merah gitu, sekarang mumpung di rumah mau saya puas-puasin makan nasgornya," pungkas @an**.

Perdebatan tentang perbedaan nama hingga tampilan makanan di Jabodetabek dan Jatim ini, berhasil menarik ratusan perhatian netizen. Cuitan ini dalam waktu hitungan jam saja, sudah disukai lebih dari 1,1 pengguna Twitter dan ratusan komentar.

Baca Juga: 5 Perbedaan Budaya Makan Ini Jadi Topik Perdebatan Heboh Netizen" selengkapnya



Simak Video "Bikin Laper: Menyantap Bakso Kuburan dengan Sambal Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)