Inovasi Arito Catering untuk Bertahan Selama Pandemi

ADVERTISEMENT

Inovasi Arito Catering untuk Bertahan Selama Pandemi

Hanifah Widyas - detikFood
Jumat, 20 Mei 2022 09:04 WIB
Instagram @Arito_Catering.
Foto: Instagram @Arito_Catering.
Jakarta -

Layanan katering merupakan salah satu pilihan masyarakat untuk menikmati makanan secara praktis. Saat ini layanan katering sudah menjamur dan dapat dengan mudah dipesan oleh masyarakat secara daring.

Salah satu pengusaha yang memilih layanan katering untuk berbisnis adalah Aries Zulkarnain Sidik. Aries membuka bisnis kateringnya yang diberi nama Arito Catering pada tahun 2000 dan bertahan hingga saat ini.

Sebelum memulai usahanya sendiri, awalnya Aries pernah bekerja di sebuah perusahaan katering. Ia juga memiliki kemampuan dasar dalam hal memasak. Kedua alasan inilah yang memberanikan Aries untuk membuka usaha kateringnya sendiri.

"Awal mula bekerja di suatu perusahaan catering lalu sudah mempunyai basic memasak, akhirnya memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri dari tahun 2000 hingga sekarang," ungkap Aries kepada detikcom.

Selain menyediakan makanan, Arito Catering juga menyediakan layanan sewa peralatan makan. Adapun produk yang dijualnya dalam sebulan tidak menentu. Namun, berkat usahanya tersebut, Aries mampu mengantongi omset sebesar Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

Menu andalan dari Arito Catering adalah telur balado, teriyaki, ayam bakar kalasan, dan udang balado. Harga menu yang ditawarkan pun sangat bervariatif bahkan cenderung ekonomis. Mulai dari Rp20.000, kamu sudah dapat menikmati paket lengkap nasi beserta lauk pauk yang dijamin mengenyangkan. Kunjungi laman Instagram @Arito_Catering untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan melakukan pemesanan.

Usaha katering yang dibangun Aries sejak tahun 2000 itu tidak luput dari dampak pandemi COVID-19. Ia mengaku usahanya terkena dampak dari segi pesanan. Hal ini disebabkan karena produknya (makanan dan sewa peralatan makan) sering dipakai WO untuk acara yang diselenggarakan secara tatap muka.

Namun, pandemi mengharuskan kita untuk mengurangi intensitas bertemu secara tatap muka dan lebih banyak tinggal di rumah masing-masing. Aries mengaku pesanan turun drastis bahkan pernah dalam beberapa bulan tidak ada pesanan yang masuk.

"Sangat terdampak dari segi pesanan, karena produk kami sering dipakai di WO pesanan turun drastis sampai pernah dalam beberapa bulan tidak ada pesanan," ujarnya.

Untuk mempertahankan usahanya selama pandemi, Aries menggunakan strategi tetap berjualan secara online. Promosi pun dilakukan melalui media sosial, salah satunya adalah Instagram @Arito_Catering.

"Kami menjual secara online melalui aplikasi dan memasarkan melalui media sosial," terangnya.

Aries terus berupaya meningkatkan penjualan dan mempertahankan bisnisnya melalui berjualan secara daring. Selain itu, ia juga berpartisipasi dalam webinar 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' persembahan detikcom bersama Kraft Heinz Food Service.

Pengusaha katering legendaris sejak tahun 2000-an ini mengatakan acara webinar yang diadakan sangat seru. Aries merasa program tersebut sangat membantu para pengusaha kecil untuk mengembangkan usahanya. Ia berkesempatan untuk mempelajari bisnis dari orang-orang yang sudah berpengalaman di bidangnya.

"Karena program ini sangat membantu untuk kami para usaha kecil dalam mengembangkan usaha dan bagaimana usaha agar maju untuk ke depan," tuturnya.

"Sangat seru, kami juga bisa belajar cara bisnis yang baik dengan orang yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing," lanjutnya

Melalui program tersebut, Aries berharap usahanya di masa pandemi akan semakin lancar.

"Semoga bisnis keluarga kami semakin lancar di masa pandemi ini begitupun juga dengan para usaha temen-temen yang lain," tutup Aries.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT