Kue Kacang Mak Enak, Oleh-Oleh Baru Khas Jember yang Hits

ADVERTISEMENT

Kue Lebaran

Kue Kacang Mak Enak, Oleh-Oleh Baru Khas Jember yang Hits

Yakub Mulyono - detikFood
Minggu, 24 Apr 2022 11:30 WIB
Kue Kacang Mak Enak, Oleh-Oleh Baru Khas Jember yang Hits
Foto: Yakub Mulyono
Jember -

Kota Jember dikenal dengan produk tape singkong yang lembut legit. Tetapi kini Jember terkenal dengan oleh-oleh kue kacang Mak Enak. Seperti apa kue ini?

Dikenal dengan nama Kue Kacang Mak Enak dan beberapa minggu jelang lebaran kue kacang ini memenuhi semua martket place. Banyak reseller yang hampir tersebar di semua kota di Indonesia.

Di tempat asalnya, Kue Kacang Mak Enak berlokasi di Jalan Letjen S Parman Gang 10 Nomor 21, Kecamatan Sumbersari, Jember. Hampir tak pernah surut dikunjungi pembeli.

Kue Kacang Mak Enak Ada sejak tahun 2015 dan masih terus diproduksi hingga saat ini. Awalnya kue bundar segede koin ini dijual hanya melalui sistem online saja. Tak melayani pembelian langsung di toko.

Namun banyaknya pesanan dan permintaan, maka akhirnya dijual di toko atau gerai. Kue kacang Mak Enak ini sudah dikenal sampai ke luar daerah bahkan luar Pulau Jawa.

Menurut pemilik Kue Kacang Mak Enak Jember, Dono Febriono (34), kue kacang buatannya rasanya enak dan harganya terjangkau. Meski demikian kue kacang produksinya dibuat dari bahan-bahannya terdiri dari kacang tanah pilihan. Selain itu ada tepung terigu, gula, mentega, telur, dan minyak nabati.

Baca juga: Resep Kue Thumbprint Kacang yang Renyah Manis untuk Suguhan Idul Fitri

Kue Kacang Mak Enak, Oleh-Oleh Baru Khas Jember yang HitsSalah satu kue kacang khas lebaran yang populer mereknya bernama Kue Kacang Mak Enak yang diproduksi di Jember. Foto: Yakub Mulyono

Pembuatan kue kacang itu diolah dan dipanggang dengan menggunakan oven. Untuk proses pemanggangan membutuhkan waktu 10 menit, dengan suhu oven 150 derajat Celcius.

"Kue kacang ini awalnya saya buat dan produksi, setelah mencari makanan alternatif, pengganti kue Bolu Tape yang sebelumnya saya produksi dan jual. Tapi karena umurnya yang hanya 10 hari, saya putar otak mencari alternatif kue lain, dan dapat inspirasi Kue Kacang ini," kata Dono saat dikonfirmasi di gerainya, Kamis (21/4/2022) sore.

Kue kacang itu awalnya hanya satu varian rasa yaitu original. Kemudian dibuat beberapa varian rasa sesuai permintaan pasar.

"Untuk varian (rasa) kue kacang itu, ada cokelat, original, keju, dan banyak macamnya. Tersedia mulai dari ukuran 500 gr, 900 gr, 1000 gr," sebutnya.

"Sampai kini Mak Enak memiliki lebih dari 30 varian kue kering lain. Saya sampai lupa karena banyaknya," sambung Dono.

Baca juga: Pesan Makanan 15 Menit Sebelum Resto Tutup, Pelanggan Ini Dihina Habis-habisan

Kue Kacang Mak Enak, Oleh-Oleh Baru Khas Jember yang HitsKonon setiap menjelang lebaran omzet dari rumah produksinya bisa meningkat 3 kali lipat. Foto: Yakub Mulyono

Di hari-hari menjelang lebaran omset penjualan meningkat drastis.

"Per hari biasanya Rp 500 juta, tapi kalau lebaran bisa 3 kali lipat. Mencapai Rp 1 miliar per hari," ungkap pria lulusan Unej jurusan Tehnik Hasil Pertanian (THP) ini.

Untuk pemesanan kue kacang sesuai konsep awal usaha dirintis, hanya menggunakan sistem obnline dan memanfaatkan media sosial.

"Jadi tidak ada offline. Tapi karena desakan masyarakat banyak yang pesan dan datang ke gerai kami. Jadilah ada toko offline itu. Tapi pemasaran dan promosi, ataupun pemesanan. Paling utama lewat online," ungkapnya.

Untuk harga dari Kue Kacang Mak Enak bervariasi.

"Dari ecer sampai grosir beda-beda. Untuk grosir tentu lebih murah, karena ambilnya partai besar dan biasanya pembeli adalah distributor. Harga juga mulai dari Rp 18- 55 ribu," ujarnya.

Kue Kacang Mak Enak ini dikemas dalam stoples plastik dengan tutup merah, sehingga jadi ciri khasnya. Kue kacang dibentuk bundar diameter 3 cm dengan olesan kuning telur di atasnya. Rasanya gurih renyah dengan tekstur remahan agak halus.

Baca juga: Dapat Review Negatif, Restoran Ini Tega Beberkan Informasi Pribadi Pelanggan



Simak Video "Kisah Pemilik Kue Kacang Di Jember yang Raup Omzet Ratusan Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT