Juara Sedapnya! Nasi Liwet Jolem Khas Pangandaran Topping Ikan Mas

Aldi Nur Fadilah - detikFood
Minggu, 20 Feb 2022 10:30 WIB
Nasi liwet jolem khas pangandaran
Foto: Aldi Nur Fadilah
Pangandaran -

Pangandaran bukan hanya asyik untuk wisata pantai, tetapi ada juga kuliner khasnya. Bernama Nasi Jolem Khas Cijulang. Seperti apa rasanya?

Nasi Liwet Jolem, makanan khas yang berasal dari Kecamatan Cijulang ini, konon sudah populer di kalangan masyarakat lokal sejak dahulu.

Nasi Liwet Jolem ini berbeda dengan nasi liwet yang tersebar di berbagai daerah di Jawa Barat. Citra rasa bumbu rempah di dalamnya wangi dan khas.

Warga Cijulang, Ika Mustika (47) mengatakan, keunikan nasi Liwet Jolem Cijulang ada pada bumbu atau bahan-bahan yang disajikan dalam memasaknya.

"Nasi liwet pada umumnya hanya menggunakan salam, sereh dan bawang merah sedikit bawang putih ditabur ikan peda, jambal atau teri. Beda dengan Nasi Jolem yang dicampurkan bersama jantung pisang," kata Ika kepada detikjabar.

Nasi liwet jolem khas pangandaranNasi liwet jolem khas pangandaran Foto: Aldi Nur Fadilah

Menurutnya jantung pisang yang digunakan Nasi Liwet Jolem tidak boleh sembarangan. "Harus jantung pisang kepok dan siem, banyak ditemukan di daerah Pangandaran," ungkapnya. Ini karena jantung pisang kepok lebih lembut teskturnya tak banyak bergetah seperti pisang lainnya.

Maka tak heran jika nasi Liwet Jolem sangat populer di Pangandaran. Secara tampilan nasi Liwet Jolem tak beda dengan nasi liwet Sunda. Dimasak dalam kastrol (panci aluminium) dan disajikan di atas daun pisang.

Nasi liwet jolem disajikan dalam kastrol dengan topping ikan mas utuh yang dibelah, diberi serai, irisan tomat, cabe, irisan jantung pisang dan taburan bumbu kuning. Aroma gurih dan harum rempah menguar sedap saat nasi diaduk.

Nasi liwet Jolem ini rasanya perpaduan rasa asin dan pedas bercampur dalam nasi. Daging ikan masnya lembut gurih menyatu dengan nasi pulen harum.

Resep Nasi Liwet SundaResep Nasi Liwet Sunda Foto: iStock

Selain itu biasanya nasi Liwet Jolem dihidangkan bersamaan dengan Ikan Mujair atau Mas. Apalagi jika dipadukan dengan pencok kacang panjang dan karedok lenca.

Untuk dapat mencicipi kuliner nasi Liwet Jolem khas Cijulang ini, traveller bisa menuju ke arah objek wisata Green Canyon atau pantai Batukaras, Kecamatan Cijulang sekitar 30 Km dari bunderan Marlin Pangandaran.



Simak Video "Jelang Ramadhan, Santri di Ciamis Gelar Festival Liwet Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)