Tahu Walik Ini Pakai Isian Tuna dan Ayam, Cocolannya Sambal Jeletot!

Inkana Izatifiqa R Putri - detikFood
Senin, 07 Feb 2022 16:00 WIB
Tahu Walik
Foto: Instagram/@tahuwalik_mascoy
Jakarta -

Tahu walik, kudapan asal Banyuwangi, Jawa Timur ini memang cocok dijadikan camilan. Tak hanya gurih dan renyah, tahu walik juga dilengkapi dengan saus sambal sehingga menambah kelezatan rasanya.

Berbeda dari tahu goreng pada umumnya, tahu walik memiliki isian berupa aci yang dicampur bumbu dan daun bawang. Bukan hanya itu, tahu walik juga biasanya terbuat dari tahu pong atau tahu kopong.

Namun, saat ini, tahu walik telah memiliki berbagai jenis variasi dan inovasi. Ratnasari, pemilik usaha kuliner Tahu Walik Mas Coy, menjadi salah satu yang berinovasi membuat tahu walik dengan campuran isian tuna dan ayam. Berawal dari ketertarikannya mencoba resep makanan, Ratnasari pun memberanikan diri untuk membuka usaha kuliner tahu walik.

"(Awalnya), dimulai dari baca-baca resep online dan tertarik pada menu tahu walik," ungkapnya kepada detikcom.

Selain menawarkan berbagai variasi isian tahu, Ratnasari juga menyediakan pilihan cocolan. Jika biasanya tahu walik identik dengan sambal kecap, Tahu Walik Mas Coy menyediakan jenis saus sambal jeletot asam manis pedas sehingga makin cocok jadi camilan. Termasuk saat bersama keluarga.

"Yang nyari cemilan buat musim hujan bisa banget Tahu Walik Mas Coy buat dijadiin cemilan untuk bersantai bersama keluarga tercinta," tulisnya melalui Instagram @ratnasarrie_91.

Ratnasari menyebutkan, setiap bulannya ia bisa menjual sekitar 100 pack Tahu Walik Mas Coy dengan omzet Rp 1 juta. Meski penjualannya terdampak di tengah pandemi, ia tetap mencoba untuk terus melanjutkan usahanya, salah satunya dengan berjualan online melalui Instagram. Tahu Walik Mas Coy juga bisa dikirim ke wilayah Jabodetabek dan beberapa kota lainnya.

"Siap kirim Jabodetabek dan luar kota (kota tertentu) by Paxel, jadi nggak lama-lama di perjalanan dan barang tetap fresh insyaallah," ungkapnya.

Untuk mengembangkan usahanya, Ratnasari juga mengikuti program Kembangkan Bisnis Kulinermu dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service. Melalui program ini, ia berharap usahanya dapat semakin sukses ke depannya.

"(Harapannya) agar bisa berkembang lagi dan lagi, semakin semangat, (dan) lebih sukses lagi," tutupnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)