Bangga! Buku Tentang Rendang Jadi 'Best of the Best' di Gourmand Awards

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 01 Des 2021 12:30 WIB
Bangga! Buku Tentang Rendang Jadi Best of the Best di Gourmand Awards Foto: Instagram renoandamsuri
Jakarta -

Prestasi membanggakan datang dari dunia kuliner Indonesia. Buku Rendang: Minang Legacy to the World yang ditulis Reno Andam Suri berhasil memenangkan 'Best of the Best 25' Gourmand Awards.

Buku kuliner Indonesia mungkin belum terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun siapa sangka beberapa buku kuliner Indonesia berjaya di kancah internasional? Salah satunya mengupas seluk-beluk rendang, makanan tradisional Minang.

Buku berjudul Rendang: Minang Legacy to the World karya Reno Andam Suri berhasil memenangkan 'Best of the Best 25' Gourmand Awards kategori C01 Local - Region. Buku ini bersanding dengan buku kuliner dari China, Jepang, Afrika Selatan, hingga Prancis.

Penghargaan 'Best of the Best 25' diberikan dalam rangka 25 tahun usia penghargaan bergengsi ini sejak diperkenalkan tahun 1995 oleh Edouard Cointreau. Di dunia buku kuliner, Gourmand Awards layaknya penghargaan Oscar dalam festival film dunia.

Lalu seperti apa kisah buku Rendang: Minang Legacy to the World bisa memenangkan Gourmand Awards? Cerita apa saja yang disampaikan dalam buku ini?

Berikut detikfood merangkum informasinya dari hasil wawancara bersama sang penulis buku, Reno Andam Suri (1/12):

Pengumuman nominasi sudah sejak sebelum pandemi Covid-19

Bangga! Buku Tentang Rendang Jadi 'Best of the Best' di Gourmand AwardsBangga! Buku Tentang Rendang Jadi 'Best of the Best' di Gourmand Awards Foto: Instagram renoandamsuri

Uni Reno, sapaan akrab Reno Andam Suri, mengatakan pengumuman bahwa buku Rendang: Minang Legacy to the World miliknya masuk nominasi 'Best of the Best 25' Gourmand Awards sudah sejak sebelum pandemi Covid-19.

"Mereka sudah kirim email bahwa buku ini akan diadu lagi dengan buku-buku lain di tema yang sama. Jadi di kategori yang sama, kategorinya itu adalah local cookbook. Jadi dari tahun berapa berapa, mereka adu lagi," kata uni Reno mengawali cerita.

Ia melanjutkan, "Buku aku sendiri waktu itu tahun 2014, menang di kategori local cookbook, nah sekarang di 25 tahun Gourmand Awards, mereka mengumpulkan para pemenang-pemenang ini untuk dilombakan lagi."

Uni Reno kemudian mendapat kabar bahagia pagi ini (1/12/21), kalau bukunya jadi pemenang. "Bangun tidur dapat kabar dari seorang sahabat bernama Eka di Prancis, yang dia banyak memperkenalkan makanan-makanan Indonesia dan cerita-cerita Indonesia di Prancis. Dia cukup dekat dengan panitia Gourmand Awards ini. Jadi dia bisa memberi kabar bahwa buku aku ikut menang," katanya.

Kebahagiaan uni Reno semakin lengkap karena dalam acara penobatan pemenang, tari pasambahan khas Minang, ikut ditampilkan dalam ajang penghargaan bergengsi ini.

Simak juga 'Lezat dan Sehat! Menyantap Rendang Tempe di Tepian Sawah Asri':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com