ADVERTISEMENT

Choux au Craquelin, Kue Sus Kekinian dengan Tekstur Lembut & Crunchy

Erika Dyah - detikFood
Minggu, 28 Nov 2021 18:30 WIB
Choux au Craquelin
Foto: Instagram/makanmera
Jakarta -

Pernahkah kamu mendengar nama Choux au Craquelin? Sekilas, namanya memang terdengar sangat mewah. Namun ternyata, jajanan ini merupakan inovasi dari kue sus dengan kemasan lebih kekinian.

Sebagaimana diketahui, kue sus menjadi salah satu penganan yang mudah ditemui di toko kue hingga penjual jajanan pasar sekali pun. Panganan asal Prancis yang berbentuk bundar dengan rongga ini biasa diisi dengan vla, custard, atau daging.

Tak jauh berbeda dengan kue sus biasa, Choux au Craquelin juga umumnya memiliki isian manis nan lembut, baik dalam bentuk vla atau krim manis lainnya. Yang bikin unik, Choux au Craquelin ini juga memiliki sensasi crunchy dari lapisan topping atasnya yang renyah. Lapisan renyah yang diberi nama Craqueline ini umumnya terbuat dari margarine, terigu, gula, dan pewarna makanan.

Dengan sensasi unik lembut dan crunchy yang bersatu, Choux au Craquelin bisa menjadi salah satu jajanan favorit untuk kamu santap. Untuk kamu yang penasaran mencoba, menu Choux au Craquelin ini tersedia di salah satu small business yang berada di Surabaya yaitu Makanmera.

Usaha ini dimulai orang seorang pemuda bernama Fandi Firmansyah beberapa waktu lalu, tepatnya sejak Juli 2021.

"Dimulai dari kembalinya saya dari Jakarta, sebab kontrak kerja yang selesai karena efek pandemi. Saya memulai untuk membangun bisnis kuliner skala kecil (small business) karena suka sekali membuat kue dan dimakan sendiri," ungkap Fandi kepada detikcom.

Ia mengaku 2 bulan sebelum Makanmera di-launching, dirinya sudah mulai mengembangkan resep dan menu yang akan dijual. Salah satunya Choux au Craquelin ini.

Dikutip dari laman resmi Instagram @makanmera, Choux by makanmera dibuat dengan menggunakan 100% NZ butter dan merupakan modifikasi soes kekinian dengan tekstur crunchy pada layer atas soes.

Ia pun mengembangkan sendiri rasa untuk isian kue sus-nya yang disebut dengan Diplomat Cream. Fandi kini menawarkan dua varian rasa untuk Choux au Craquelin miliknya, yaitu Vanilla Dream dan Cocoa. Menurutnya, Choux dengan tekstur isian yang lebih creamy dan lezat serta layer topping yang crunchy ini sangat cocok untuk dimakan dalam kondisi dingin, karena krim di dalamnya bisa memberi sensasi dingin layaknya makan es krim.

Fandy pun menceritakan, mulanya ia hanya menguji resep-resep miliknya pada keluarga di rumah. Namun, berkat kritik membangun yang ia dapatkan, perlahan dirinya mendapat keberanian untuk memperjualbelikan kue-kue kreasinya dengan label merek Makanmera.

Tak hanya menawarkan Choux saja, Fandy mengungkap menu-menu lain dari Makanmera yang tak kalah unik, seperti Matcha Brownies, Cream Cheese Brownies, Lotus Speculoos Brownies & Doughnut, dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu strategi berbisnis di masa pandemi, Fandi hingga kini memanfaatkan pemasaran secara online dengan sistem pre-order H-1. Selain itu, ia pun kerap mengikuti program pengembangan bisnis guna dapat memajukan bisnis kuliner miliknya, salah satunya melalui acara 'Kembangkan Bisnis Kulinermu' dari detikcom bersama Kraft Heinz Food Service.

Melalui acara ini, Fandy mengaku tak hanya mendapatkan ilmu tentang baking saja, tapi juga mendapatkan insight menarik dari para pakar seputar digital marketing yang dirasa penting untuk mendukung kelangsungan bisnis di era digital saat ini.

Berkat hal tersebut, ia pun mulai menerapkan ilmu-ilmu yang baru didapatkan secara perlahan untuk mendukung bisnisnya.

"Meskipun lumayan susah dan perlu belajar lagi, tapi semuanya adalah proses yang menyenangkan. Bekerja untuk diri sendiri, ilmu yang didapatkan juga untuk diri sendiri. Proses yang melelahkan tetapi dari hati, berproses dari nol dan belajar dari nol," ujar Fandi.

Ia pun berharap melalui program pengembangan bisnis kuliner ini, dirinya dapat ikut berkembang bersama tips-tips dari Kraft Heinz yang sangat membantu dalam belajar baking.

(fhs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT