Cerita Mantan Pegawai Bank BUMN Banting Setir Jualan Bakmi

Inkana Putri - detikFood Jumat, 26 Nov 2021 16:41 WIB
Bakmi Kaka Foto: Instagram/bakmikaka
Jakarta -

Mie merupakan hidangan populer yang berasal dari China. Namun, saat ini telah banyak masyarakat yang telah mengolah mie dengan bumbu-bumbu khas Indonesia.

Bakmi menjadi salah satu makanan yang diadaptasi dari hidangan mie di China. Bahkan, bakmi kini juga menjadi kuliner favorit masyarakat Indonesia. Tak heran banyak masyarakat yang juga memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis kuliner bakmi.

Seperti Romy Rangga misalnya, usai berhenti bekerja, ia akhirnya membuka usaha kuliner Bakmi Kaka. Berlokasi di Jalan Arcamanik Endah, Bandung, Bakmi Kaka menjual bakmi keriting dengan aneka topping seperti ayam, jamur, bakso, dan siomay.

"Tahun 2019 saya memutuskan berhenti bekerja dari salah satu Bank BUMN dan membuka usaha tempat makan bakmi ayam di Kota Bandung," ujarnya kepada detikcom baru-baru ini.

Dari sekian menu yang ada, Romy mengatakan bakmi ayam jamur bakso siomay menjadi yang paling laris. Adapun satu mangkok menu ini dihargai sekitar Rp 25.000. Selain bakmi, Romy juga menyediakan aneka dimsum sebagai camilan mulai air hakau, siomay udang, hisit kau, hingga lumpia kulit tahu udang. Ada juga nasi tim ayam jamur.

"Menu favorit di Bakmi Kaka (adalah) bakmi ayam jamur baso siomay. Sekarang Bakmi Kaka (juga) sudah bisa makan di tempat dengan kapasitas terbatas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan," tulisnya dalam Instagram @bakmikaka.

Dalam satu bulannya, Romy mengaku bisa menjual 50-80 porsi. Sayangnya, pandemi membuat penjualan dine ini cukup menurun. Guna meningkatkan penjualan, ia memanfaatkan platform digital seperti Instagram.

"(Kami) memperkuat iklan online melalui Instagram Ads dan menggunakan jasa food vlogger untuk promosi usaha," pungkasnya.

Sebagai informasi, Romy Rangga merupakan foodpreneur peserta 'Kembangkan Bisnis Kulinermu'. Acara ini digelar oleh detikcom bersama Kraft Heinz Food Service demi mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.

(fhs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com