Usaha Makanan Sehat 'Gluten Free' Ternyata Laris Manis di Masa Pandemi

Inkana Putri - detikFood Kamis, 25 Nov 2021 20:33 WIB
Maxhealthykitchen, Kuliner Sehat Gluten Free Foto: Dok. Instagram/@Maxhealthykitchen
Jakarta -

Makanan gluten free atau bebas gluten kini kerap dikonsumsi banyak orang. Tak hanya cocok untuk diet, makanan ini ternyata juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Sumiaty atau yang akrab disapa Mia, merupakan salah satu yang mengonsumsi makanan gluten free untuk membantu penyembuhan sakitnya. Berawal dari membuat makanan untuk konsumsi pribadi, Mia akhirnya menjual ragam inovasi menu gluten free lewat bisnis kulinernya 'Maxhealthykitchen'.

"Berawal dari saat sakit dan penyembuhannya dibantu melalui makanan sehat, selain berobat ke rumah sakit. Kemudian, banyak yang tanya mengolah makanan sehat seperti apa dan minta dibuatkan. Sekitar 2 tahun lalu akhirnya mulai mendirikan @Maxhealthykitchen melalui open pre order. Karena semakin banyaknya permintaan, maka mulai fokus buat makanan ready stock," ujarnya kepada detikcom.

Mia mengatakan Maxhealthykitchen memiliki banyak varian menu gluten free mulai dari kue, camilan, hingga mie. Ada pula makanan beku siap saji yang tentunya sehat. Bahkan, Mia juga membuka kelas memasak khusus untuk membuat makanan gluten free.

"Kami jual makanan sehat plants based vegan gluten free, produk yang dihasilkan cookies, kue, cake, mie vegan gluten free, minuman rempah. Ada juga makanan beku siap saji seperti rendang tanpa santan, sate jamur, jamur kalasan, dan lain-lain. Dan makanan fermentasi, dodol tanpa gula pasir," katanya.

"Juga ada cooking class online khusus makanan vegan gluten free," imbuhnya.

Meningkatnya tren hidup sehat masyarakat saat pandemi nampaknya juga berdampak terhadap bisnis Mia. Pasalnya, dalam satu bulan ia bisa mendapatkan omzet hingga Rp 50 juta.

"Usaha saya berdiri sejak awal pandemi, memberikan dampak baik karena banyak pelanggan baru yang memesan makanan sehat plants based dan gluten free. Pendapatan sebulan Rp 20 juta sampai Rp 50 juta. Terjual sesuai po dari konsumen dan reseller kira-kira 100 pax (sebulan) dari beberapa varian makanan," katanya.

Maxhealthykitchen, Kuliner Sehat Gluten FreeFoto: Dok. Instagram/@Maxhealthykitchen

Meski bisnisnya telah menghasilkan omzet yang cukup banyak, Mia mengaku dirinya tetap ingin terus memajukan bisnis. Oleh karena itu, ia mengikuti program Kembangkan Bisnis Kulinermu dari detikcom dan Kraft Heinz Food Service.

Lewat program ini, ia mendapatkan banyak ilmu dari para pakar yang dapat digunakan untuk mengembangkan usahanya.

"Saya mau belajar mengembangkan bisnis saya yang masih kecil dari para mentor yang berpengalaman dan dibimbing langsung oleh Heinz dan detik.com," katanya.

"Menurut saya, program ini sangat bermanfaat buat saya mengembangkan maxhealthykitchen (karena) banyak ilmu dan masukan yang berharga dari para mentor," tandasnya.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akd/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com