4 Fakta & Sejarah Unik Restoran All You Can Eat, Ada Sejak Abad Ke-16!

Erika Dyah - detikFood Sabtu, 27 Nov 2021 10:48 WIB
Restoran All You Can Eat Salah satu restoran All You Can Eat (AYCE) milik Boga Group yang berlokasi di pusat perbelanjaan (Foto: Boga Group)
Jakarta -

Dalam beberapa tahun belakangan, restoran dengan konsep All You Can Eat (AYCE) mulai menjamur di Indonesia. Mulai dari restoran AYCE ramah kantong di kaki lima hingga level premium di pusat perbelanjaan bisa dengan mudah kamu temukan penjuru di Tanah Air.

Kegemaran masyarakat akan restoran AYCE membuat semakin banyak pelaku usaha mengadopsi konsep ini, tentunya dengan keunikannya masing-masing. Selain menghadirkan ragam pilihan makanan yang lezat dan pengalaman makan yang berbeda, restoran AYCE ternyata juga menyimpan beberapa fakta dan sejarah yang unik.

Boga Group, grup usaha yang mengoperasikan beberapa restoran AYCE ternama di Indonesia, seperti Shaburi, Kintan Buffet, dan Onokabe merangkum fakta dan sejarah unik restoran AYCE yang patut kamu ketahui. Penasaran? Simak 4 fakta dan sejarah unik dari restoran AYCE berikut ini.

1. Ada Sejak Abad Ke-16

Kamu mungkin baru menemukan konsep restoran AYCE beberapa waktu belakangan. Akan tetapi, konsep ini ternyata sudah muncul pertama kali pada abad ke-16 di negara belahan Eropa, yaitu Swedia.

Konsep ini digunakan oleh masyarakat Swedia untuk menyambut para tamu yang datang ke sebuah pesta. Diketahui, masyarakat Swedia menyebut konsep prasmanan ini dengan sebutan 'brännvinsbord' yang berarti meja penuh semangat.

Menariknya, pada abad ke-18 menu yang disajikan di jamuan prasmanan ini sempat mengalami inovasi. Dari yang awalnya menyediakan roti dan mentega, menunya menjadi lebih bervariasi, seperti salted fish, telur, sayuran, dan lainnya.

2. Makin Populer Berkat Olimpiade Musim Panas

Konsep makan AYCE semakin populer sejak muncul di Olimpiade Musim Panas Stockholm tahun 1912 yang dihadiri oleh peserta dari banyak negara di dunia. Banyaknya peserta dari berbagai negara membuat penyebaran konsep restoran AYCE bisa lebih meluas. Tak sedikit negara yang ikut menerapkan konsep makan AYCE di negara asalnya, termasuk Indonesia.

3. Menu yang Kian Bervariasi

Demam AYCE yang awalnya berasal dari menu kebarat-baratan, terus berkembang hingga diadopsi dalam berbagai varian menu. Adapun salah satu menu yang paling populer di Indonesia saat ini adalah restoran AYCE dengan menu grill dan shabu-shabu khas Jepang, seperti Shaburi dan Kintan Buffet.

Klik halaman selanjutnya >>>

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Pencinta Korean BBQ, Mari Merapat!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com