ADVERTISEMENT

Cicip Srikaya Palembang! Kuliner Lokal yang Legit dan Lembut

Erika Dyah - detikFood
Rabu, 17 Nov 2021 21:41 WIB
Instagram/mangkok.rempah
Foto: Instagram/mangkok.rempah
Jakarta -

Kebanyakan orang mungkin hanya mengenal pempek sebagai makanan khas Palembang. Padahal, Ibu Kota Sumatera Selatan ini punya banyak penganan khas lain yang tak kalah nikmatnya, salah satunya Srikaya Palembang.

Meski memiliki kata 'srikaya' di namanya, penganan satu ini justru tidak mengandung buah srikaya sama sekali lho! Kue yang juga sering disebut Srikayo Palembang ini terbuat dari bahan dasar santan, telur, dan gula tanpa tepung sama sekali.

Srikayo Palembang dikenal sebagai salah satu kudapan manis khas daerah Palembang. Cita rasanya yang legit dan teksturnya yang lembut serupa custard pudding yang hits di salah satu resto all you can eat ternama. Akan tetapi, ciri khas pandan yang digunakan dalam resepnya memberi cita rasa asli lokal yang bakal menggugah selera.

Tak cuma memberi rasa yang nikmat, penggunaan daun pandan ini juga membuat kue ini memiliki tampilan berwarna hijau yang cantik. Serta tak lupa, menambah aromanya menjadi lebih wangi.

Srikayo Palembang bisa dinikmati secara langsung, atau disantap bareng ketan maupun roti tawar untuk menambah kaya rasanya. Meski cenderung mudah dibuat karena bahan-bahannya yang sederhana, Anda juga bisa membelinya di pasaran salah satunya melalui usaha Mangkok Rempah milik Novi Yoanita.

Melalui Mangkok Rempah, Anda bisa dengan mudah mencicipi kenikmatan makanan khas Palembang ini tanpa perlu pergi ke Palembang karena Mangkok Rempah tersedia di Ibu Kota Jakarta, tepatnya di bilangan Jakarta Timur.

Novi bercerita, Srikayo Palembang merupakan makanan pertama yang dia pasarkan di usaha Mangkok Rempah yang mulai dibuka sejak pandemi ini.

"Awalnya karena ingin menggunakan waktu luang saya setelah tidak lagi membuka usaha produksi pakaian di Tanah Abang 3 tahun yang lalu," ungkap Novi kepada detikcom saat menceritakan soal awal mula usahanya.

"Jenis makanan pertama adalah Srikayo Puding Palembang, resep turun temurun dari ibu mertua," imbuhnya.

Novi mengaku, mulanya ia membuat Srikayo Puding Palembang hanya untuk kerabat saja. Karena respons yang didapatkannya baik, ia pun memberanikan diri untuk membuat Pre-Order (PO) ke teman-teman dan publik via WA dan terus berlanjut hingga kini dengan sistem pemasaran online.

Kini, usaha Mangkok Rempah miliknya tak hanya menjual Srikayo Palembang saja. Ia pun memasarkan berbagai produk lain, seperti Asam Padeh Patin, Gulai Kurma, Dendeng Lambok, Quiche, dan lain-lain.

Novi pun terus berupaya mengembangkan bisnis miliknya, salah satunya dengan mengikuti pelatihan pengembangan bisnis kuliner. Novi berharap melalui pelatihan, ia bisa menambah wawasan dan ilmu tentang usaha kuliner serta mengembangkan usaha miliknya.

Sebagai informasi, Novi Yoanita merupakan foodpreneur peserta 'Kembangkan Bisnis Kulinermu'. Acara ini digelar oleh detikcom bersama Kraft Heinz Food Service demi mendukung usaha kuliner Tanah Air agar bisa naik kelas.



Simak Video "Ciptakan Inovasi untuk Hadirkan Peluang Baru Usahamu"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT