Setelah Riset Setahun Wanita Ini Sukses Bikin Mie Mocaf dari Singkong

Ragil Ajiyanto - detikFood Selasa, 05 Okt 2021 14:30 WIB
Setelah Riset Setahun Wanita Ini Sukses Bikin Mie Mocaf dari Singkong Foto: detikcom/Ragil Ajiyanto
Boyolali -

Singkong atau ubi kayu, umumnya dibuat jajanan, keripik atau tiwul. Tetapi wanita yang satu ini berhasil membuat mie dengan bahan utama singkong.

Mie dari singkong ini berhasil diproduksi di Boyolali. Dilakukan oleh Herdarti Sri Kristiyaningsih setelah melakukan beberapa riset dan uji coba.

Herdarti mengemukakan, mie mocaf itu dirintisnya sejak tahun 2018 lalu. Ide awalnya muncul saat kawan-kawannya yang memiliki anak penderita autisme mengalami kesulitan dalam mengonsumsi mie.

Terutama bagi anak disabilitas yang alergi kandungan gluten. Saat mengonsumsi mie yang memiliki kandungan gluten tinggi, membuat anak penderita autisme terangsang lebih aktif.

Setelah Riset Setahun Wanita Ini Sukses Bikin Mie Mocaf dari SingkongSetelah Riset Setahun Wanita Ini Sukses Bikin Mie Mocaf dari Singkong Foto: detikcom/Ragil Ajiyanto

Keresahan itu memunculkan ide untuk membuat mie tanpa kandungan gluten. Hal itu ditemukan dalam pati singkong. Dibantu peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Hendarti membuat sendiri tepung mocaf yang kaya beta-karotin. Uji coba pembuatan mie mocaf pun dimulai.

Baca juga: Dari Kebun Masuk Hotel, Fiesta Singkong 2021 Bikin Singkong Jadi Elite

"Satu tahun saya mengutak-atik, membuat takaran komposisi yang pas. Setiap hari saya mencoba 10 komposisi berbeda," kata Hendarti ditemui di rumahnya di Singkil, Desa Karanggeneng, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Senin (4/10/2021).

Ratusan kali uji coba dengan berbagai komposisi campuran tepung mocaf dan maizena, gagal. Uji coba pun menghabiskan dana yang tidak sedikit.

"Habis banyak. Kalau dihitung Rp 200 juta ya ada, habis untuk uji coba itu," ungkapnya.

Namun perjuangannya akhirnya membuahkan hasil. Komposisi yang pas akhirnya ditemukan dan mie mocaf itu tidak hancur.

Setelah Riset Setahun Wanita Ini Sukses Bikin Mie Mocaf dari SingkongSetelah Riset Setahun Wanita Ini Sukses Bikin Mie Mocaf dari Singkong Foto: detikcom/Ragil Ajiyanto

Saat detikcom menemui detikcom, Hendarti sedang membuat adonan mie mocaf tersebut. Komposisi tepung mocaf dan campuran maizena diaduk dalam mesin pengulen adonan. Ditambahkan telur, dan sedikit garam mesin terus berputar.

Selanjutnya, adonan dimasukan ke mesin penggiling yang memipihkan adonan. Berulang-ulang dipipihkan hingga adonan berbentuk memanjang sempurna. Buliran tepung mocaf dibalurkan ditiap sisi adonan pipih ini. Langkah selanjutnya, adonan masuk ke mesin pencetak mie.

"Setelah jadi berbentuk mie, harus segera dikukus. Kalau kena angin terlalu lama bisa hancur," jelasnya sembari merapikan mie dalam wadah cetakan.

Mie dimasukkan ke dalam wadah dan ditimbang. Lalu dimasukkan ke dalam dandang untuk dikukus. Setelah itu mie dikeringkan.

Mie mocaf, bisa dimasak tiga versi. Yakni mie goreng, mie kuah maupun langsung digoreng seperti kerupuk. Untuk memasak mie berbahan tepung singkong ini, memang perlu perlakuan khusus. Tidak seperti mie-mie pada umumnya.

"Sebentar saja dimasukkan ke air panas dan jangan terus diaduk-aduk. Bisa hancur," jelas Hendarti.

Setelah Riset Setahun Wanita Ini Sukses Bikin Mie Mocaf dari SingkongSetelah Riset Setahun Wanita Ini Sukses Bikin Mie Mocaf dari Singkong Foto: detikcom/Ragil Ajiyanto

Kini, mie mocaf buatannya dengan merk Hend's sudah memiliki pasar. Saat ini, produksi dan pengemasan mie mocaf dibantu dua pegawainya. Sehari Hendarti mampu memproduksi 300 bungkus.

Satu bungkus berisi tiga keping mie mocaf. Pada kemasannya juga dcantumkan cara memasak dan saran penyajian.

Menurutnya pemasaran mie mocaf buatannya dilakukan secara online maupun offline. Mulai dari marketplace, reseller hingga restoran. Pemesan berasal dari seluruh Indonesia.

"Untuk satu bungkus mie mocaf seharga Rp 14.500. Ada tiga varian, original, brokoli dan wortel. Dalam sebulan saya bisa menjual sampai 1.000 bungkus," terangnya.

Ketika mencicipi mie mocaf goreng dengan keju, tekstur mienya kenyal mulur mirip spaghetti. Rasanya gurih dengan rasa singkong juga masih tercecap kuat.

Baca juga: Tiwul Labu Buatan Bu Nur Ini Lebih Legit dan Kaya Nutrisi



Simak Video "Kreatif! Penjual di Boyolali Bikin Mie Ayam Warna Pelangi"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com