Kriuk Gurih Rengginang Lasem yang Tampil Kekinian dengan Saus Otak-otak Tuna

Wisma Putra - detikFood Senin, 06 Sep 2021 15:00 WIB
Kriuk Gurih Rengginang Lasem yang Tampil Kekinian dengan Saus Kacang Foto: detikcom/Wisma Putra
Bandung -

Rengginang merupakan camilan gorengan khas Jawa yang dikenal gurih renyah. Tetapi di kafe ini rengginang tampil kekinian dengan saus otak-otak tuna. Namanya rengginang Lasem.

Biasanya rengginang dimakan sebagai camilan saat bersantai dan bisa dijadikan campuran bakso atau makanan berkuah lainnya. Tetapi camilan yang dibuat dari beras keran ini di Jenderal Kopi Nusantara Buwas rengginang tampil kekinian dengan rasa baru.

Rengginang ini diberi nama Rengginang Lasem. Rengginang disajikan dengan topping siraman saus otak-otak ikan tuna.

"Rengginang Lasem ini menu awal yang ada sejak dari opening. Menu yang kita jagoin karena saya lihat pasarnya di Indonesia, kita lihat snack di kafe western gitu, tapi jujur orang sini pasti kangen makan snack Indonesia sendiri," kata pemilik Jendral Kopi Nusantara Buwas, FX Edbert Luhur kepada detikcom, Minggu (5/9/2021).

Kriuk Gurih Rengginang Lasem yang Tampil Kekinian dengan Saus KacangKriuk Gurih Rengginang Lasem yang Tampil Kekinian dengan Saus Kacang Foto: detikcom/Wisma Putra

"Kita sajikan dengan inovasi baru, kita tambah otak-otak ikan tuna di atasnya," tambahnya.

Edbert menyebut, rangginang yang dijual di kafenya disebut Rengginang Lasem. Nama Lasem dipakai sebagai bentuk penghargaan untuk salah satu kecamatan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah yakni Kecamatan Lasem.

"Rengginang Lasem itu sebetulnya nama daerah di Jawa, itu memang penghasil rengginang sampai dapat award. Menghargai daerah itu, jadi kita namakanRengginang Lasem," ungkapnya.

Kriuk Gurih Rengginang Lasem yang Tampil Kekinian dengan Saus KacangKriuk Gurih Rengginang Lasem yang Tampil Kekinian dengan Saus Kacang Foto: detikcom/Wisma Putra

Saat mencicipi makanan satu ini, benar kata Edbert siapapun yang baru pertama memakan rengginang satu ini pasti bingung cara memakannya.

"Banyak sih yang bingung, makannya pakai tangan atau garpu, tapi rata-rata pengunjung yang datang kembali pesan, mas pengen makanan yang kaya crackers gitu," ucapnya.

Menurutnya, menu rengginang ini bersaing dengan menu khas Nusantara lainnya yang disajikan di Jenderal Kopi Nusantara Buwas.

Kriuk Gurih Rengginang Lasem yang Tampil Kekinian dengan Saus KacangKriuk Gurih Rengginang Lasem yang Tampil Kekinian dengan Saus Kacang Foto: detikcom/Wisma Putra

"Lumayan favorit Rengginang Lasem di menu kita," ujarnya.

Menurut Edbert menu-menu makanan yang disajikan di tempatnya, berasal dari buku resep masakan Pak Soekarno.

"Nusantara autentik, tim saya di sini suka kuliner, kita ambil dari buku resep Pak Soekarno yang autentik banget. Ada juga yang western," pungkasnya.

Kalau ingin mencicipi rengginang Lasem kamu bisa mampir ke Jenderal Kopi Nusantara Buwas yang berlokasi di Jl. LLRE Martadinata St No.219, Cihapit, Bandung Wetan. Kafe milik Komjen Pol (purn) drs. Budi Waseso yang akrab disapa Buwas ini punya beragam kopi nusantara. Seperti Es Kopi Jendral yang diracik dari kopi robusta Temanggung yang di-infused dengan pisang.



Simak Video "Rengginang Manis dan Asin, Kemasan Siap Edar dari Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com