Susu Kental Manis untuk Kreasi Pancake dari Berbagai Negara

Jihaan Khoirunnisa - detikFood Kamis, 05 Agu 2021 09:47 WIB
Pancake Foto: Shutterstock
Jakarta -

Susu kental manis dulu hanya dioleskan di atas roti tawar. Namun kini susu kental manis bisa digunakan untuk melengkapi ide menu sarapan biar makin lezat.

Salah satunya pancake yang tak hanya nikmat, tapi juga mudah dibuat. Pancake merupakan hidangan sejenis kue yang dimasak di atas wajan dan terbuat dari tepung terigu, telur, gula dan susu yang diaduk hingga menjadi adonan kental.

Meski umumnya memiliki cita rasa manis, namun ada pula yang mengonsumsi pancake gurih dengan tambahan daging asap hingga sosis. Di beberapa negara, pancake hadir dengan kreasi unik khasnya masing-masing dan disajikan dengan aneka topping yang menggugah selera.

Dirangkum dari BBC Good Food, berikut adalah 5 kreasi pancake lezat dari berbagai negara yang bisa dijadikan inspirasi menu sarapan untuk keluarga di pagi hari.

American Pancake (Amerika)

American pancake merupakan jenis pancake yang paling sering ditemui. Pancake jenis ini memiliki bentuk bulat dan pipih. Biasanya, pancake gaya Amerika disajikan lengkap bersama sirup maple dan mentega di atasnya. Cocok disantap bersama kopi dan teh hangat sebagai sarapan untuk memulai hari.

Variasi American pancake ini juga dikreasikan dengan banyak macam topping. Di antaranya dengan buah-buahan segar seperti blueberry dan strawberry. Bahkan, ada juga yang menambahkan es krim.

Crepes (Prancis)

Pancake Foto: Shutterstock

Anda pasti sudah familiar dengan hidangan asli dari Prancis ini. Ya, ternyata crepes masih masuk dalam kategori pancake, lho. Bahan untuk membuatnya pun hampir sama dengan adonan pancake pada umumnya, yakni tepung terigu, telur, susu, margarin, dan baking powder.

Bedanya, bentuk crepes cenderung bulat dengan permukaan yang lebar dan tipis. Teksturnya yang lembut, cocok disajikan dengan beragam topping sesuai selera. Meski di Indonesia kerap dinikmati sebagai dessert dan camilan, namun di negara asalnya crepes merupakan hidangan utama yang disajikan di pagi hari sebagai menu sarapan. Masyarakat di sana biasanya menyantap crepes dengan sirup maple atau dicampur dengan parutan kulit jeruk dan sirup jeruk itu sendiri. Duh, bikin ngiler!

Drop Scones (Skotlandia)

Jika Prancis punya crepes, maka Skotlandia punya hidangan pancake khas yang bernama drop scones. Baik bentuk maupun ukurannya serupa dengan American pancake, hanya saja teksturnya sedikit lebih padat.

Selain disantap sebagai hidangan sarapan, masyarakat di sana umumnya menikmati drop scones dengan teh di sore hari. Drop scones disebut-sebut jadi salah satu hidangan favorit Ratu Elizabeth II, lho. Hal ini terungkap melalui deretan resep yang ditampilkan dalam sebuah buku masak terbaru oleh kepala chef dari sang ratu. Adapun topping untuk melengkapi hidangan drop scones cukup beragam, Anda bisa menggunakan mentega, olesan selai favorit ditambah susu kental manis.

Kaiserschmarrn (Austria)

Pancake Foto: Shutterstock

Austria punya versi lain dari kreasi pancake klasik yang dikenal dengan Kaiserschmarrn. Tak seperti pancake pada umumnya yang bundar, Kaiserschmarrn berupa potongan pancake acak dan berantakan, yang konon menjadi pesanan seorang kaisar.

Itulah mengapa pancake ini diberi nama Kaiserschmarrn, yang berasal dari gabungan kata "Schmarren" yang berarti potongan pancake dan "Kaiser" yang berarti kaisar dalam bahasa Austria. Meski tampilannya terlihat berantakan, namun rasanya dijamin legit dan nikmat. Makin nikmat jika hidangan ini disajikan dengan topping berupa kacang-kacangan dan kismis. Anda juga bisa menambahkan susu kental manis di atasnya.

Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain, telur, tepung pastry atau kue, gula, susu, garam, kismis, mentega. Cara membuatnya, pisahkan kuning dan putih telur, kemudian campur kuning telur dengan gula, susu, dan tepung. Selanjutnya, kocok putih telur dan garam sampai adonan menjadi kaku. Lalu campurkan ke dalam adonan dan aduk perlahan. Tuangkan adonan pada wajan yang telah dipanaskan, tunggu beberapa menit, dan Kaiserschmarrn siap disajikan.

Aebleskiver (Denmark)

Nggak kalah dari Austria, Denmark juga punya hidangan pancake yang unik, yakni aebleskiver. Sudah pernah dengar? Seunik namanya pancake ini memiliki bentuk yang tak biasa, yaitu bulat sehingga sering disebut sebagai bola pancake. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan tepung terigu, gula, mentega, susu, dan baking powder hingga rata. Kemudian masak pada cetakan seperti Anda membuat hidangan takoyaki dari Jepang.

Biasanya, hidangan aebleskiver punya cita rasa yang cenderung manis, dan disajikan lengkap dengan topping seperti selai strawberry, cokelat, dan potongan buah apel. Supaya makin lezat, kamu bisa juga tambahkan taburan gula halus dan susu kental manis di atasnya.

Untuk menambah kelezatan pancake sebagai menu sarapan, Anda bisa tambahkan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold sebagai topping pancake kesukaan Anda. Tak hanya menambah lezat menu sarapan Anda, Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold yang diproduksi dari susu segar ini juga mengandung 9 vitamin (vitamin A, D3, E, B1, B2, B3, B6, B12, dan C) dan 5 mineral (kalsium, fosfor, selenium, mangan, dan yodium). Dalam 1 sachet Susu Kental Manis Frisian Flag Full Cream Gold terdapat 130kkal, sekitar 6% dari kebutuhan kalori harian usia dewasa (2,150 kkal) untuk memenuhi kebutuhan energi setiap hari.

Susu Kental Manis Frisian Flag Gold tersedia dalam berbagai kemasan mulai dari kaleng, pouch, dan sachet, sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan di rumah. Susu Kental Manis Frisian Flag Gold juga mudah didapat karena tersedia di toko/warung hingga supermarket terdekat.



Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com