Salut! Katering Haji Ini Sediakan Dapur Umum untuk Nakes

Kartika Bagus - detikFood Kamis, 05 Agu 2021 09:15 WIB
Sukoharjo -

Di tengah pandemi Covid-19, penyedia layanan katering haji ini menyiapkan mobil dapur umum untuk para nakes dan pasien isoman. Mereka bisa mencicipi rendang dan gudeg gratis!

Pandemi mengajarkan kita untuk berbagi. Sebuah perusahaan makanan cepat saji di Sukoharjo bahkan membuat dapur umum khusus untuk berbagi makanan. Salah satunya berbagi makanan untuk para tenaga kesehatan (nakes) dan petugas di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah.

Awalnya perusahaan Makanan Cepat Saji ini menyediakan makanan bagi para calon jamaah haji yang akan pergi ke Mekkah. Namun karena ibadah haji ditunda sementara waktu, katering haji ini beralih mengembangkan makanan cepat saji.

Perusahaan lantas melakukan inisiatif mulia di tengah pandemi Covid-19. Mereka memilih membuat dapur umum untuk berbagi pada sesama.

Salut! Katering Haji Ini Sediakan Dapur Umum untuk NakesSalut! Katering Haji Ini Sediakan Dapur Umum untuk Nakes Foto: Kartika Bagus

Dapur umum dihadirkan dalam bentuk mobil boks yang memang praktis untuk berbagi di berbagai kondisi. Menurut manajet pabrik, Suherwan saat ditemui di kantor Makanan Cepat Saji di daerah Manang Grogol Sukoharjo (04/08/2021), dapur umum ini dapat bergerak ke lokasi manapun dan kondisi apapun. Cocok sekali digunakan di lokasi bencana ataupun di lokasi tanggap bencana lainnya.

"Terbuat dari bahan stainless steel yang berkualitas dan food grade, mobil dapur umum ini aman untuk menghasilkan makanan yang lezat, sehat dan cepat", jelasnya.

Ia melanjutkan, "Mobil dilengkapi dua mesin food steamer yang dapat memasak makanan festival hingga 462 porsi atau 1188 pouch lauk dalam waktu 15 menit. Serta dapat digunakan untuk menanak nasi hingga 100 kilogram dalam waktu 1 jam saja", tambah Suherwan.

Salut! Katering Haji Ini Sediakan Dapur Umum untuk NakesSalut! Katering Haji Ini Sediakan Dapur Umum untuk Nakes Foto: Kartika Bagus

Pada Rabu (04/08/2021), mobil dapur umum ini menyambangi Asrama Haji Donohudan (AHD) untuk memberikan makan siang pada para nakes dan petugas keamanan. Ada juga warga di Soloraya yang sedang melakukan isolasi terpusat. Mereka mendapat menu rendang dan gudeg solo.

"Dan kali ini kita mendatangi memberikan bantuan kepada bapak-bapak petugas di Asrama Haji Donohudan, paling tidak meringankan petugas, kita membawa menu balado ayam rendang ayam dan gudeg, sekitar 250 poch petugas" tambah Suherwan.


Dokter Sigit Armunanto, penanggung jawab isolasi mandiri terpusat di AHD, mengatakan menu kali ini membuatnya merasakan sedikit kemewahan. Sebab biasanya ia tidak sempat mencari makanan karena sibuk.

Salut! Katering Haji Ini Sediakan Dapur Umum untuk NakesSalut! Katering Haji Ini Sediakan Dapur Umum untuk Nakes Foto: Kartika Bagus

Saat ini meskipun jumlah pasien sudah banyak menurun, namun masih ada sekitar 400 pasien isolasi. Dokter Sigit pun mengaku senang bisa menikmati menu rendang dan balado ayam.

"Partisipasi masyarakat meningkatkan imun daripada petugas, sehingga ada ekstra menu. Dan keluar dari rutinitas, menunya istimewa rendang sebagai makanan nasional rasanya ukuran saya sudah menasional", tambahnya.

Dokter Sigit melanjutkan, "Kebersihan jelas dan makanan dan semuanya orang suka ada kegembiraan baru sehingga menambah imunitasnya bagi kami dalam melayani pasien bisa selalu sehat."

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com