Cara Bikin Samosa dan Sop Sengkel Kambing ala Chef Hotel

Esti Widiyana - detikFood Rabu, 21 Jul 2021 10:20 WIB
Samosa dan Sop Sengkel Kambing Foto: detikFood/Esti Widiyana
Jakarta -

Kalau bosan dengan sate dan gula, daging kambing bisa diolah dengan cara berbeda. Seperti dibuat sop bening dan samosa ala Timur Tengah seperti buatan chef ini.

Saat Idul Adha, biasanya daging kurban sapi atau kambing diolah jadi sate dan gulai. Namun, saat pandemi perlu dicoba olahan lain yang lebih sehat. Seperti dibuat sop berkuah bening dan camilan yang gurih renyah.

Executive Chef Quest Hotel Darmo Surabaya, Dolies Barmawi membagikan resep olahan daging kambing yang sehat dan lezat. Seperti sop sengkel kambing untuk makanan utama dan samosa kambing yang cocok jadi camilan.

Samosa dan Sop Sengkel KambingSamosa dan Sop Sengkel Kambing Foto: detikFood/Esti Widiyana

Untuk membuat sop sengkel kambing, bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapat. Hanya dengan daging kambing potongan sengkel, wortel, kentang, tomat, seledri, dan bumbu rempah seperti jahe, cengkeh, kayu manis, bawang merah, bawang putih dan beberapa bumbu pelengkap lainnya.

Chef yang akrab di sapa Dul ini mengatakan, bagian sengkel atau betis ini memiliki tektur yang lebih kenyal dari pada bagian daging kambing lainnya. "Bila dijadikan sop akan terasa lebih gurih, karena sengkelnya ada crunchynya," kata Chef Dul, Senin (19/7/2021).

Samosa dan Sop Sengkel KambingSamosa dan Sop Sengkel Kambing Foto: detikFood/Esti Widiyana

Daging kambing juga enak dibuat samosa. Dibuat dari bahan dasar olahan daging kambing yang dicincang halus kemudian dicampur dengan bumbu rempah-rempah khas Timur Tengah.

Cara membuatnya, pertama rsiapkan kulit lumpia, kemudian dibagi menjadi tiga lembar. Camilan samosa ini butuh dua lembar, jadi dipotongnya sedikit memanjang, agar bisa dibentuk segitiga.

Sedangkan isian daging kambing dari bagian betis kambing alias sengkel. Menurutnya rasa daging kambing bagian ini lebih gurih dibandingkan dengan bagian lainnya. "Paha atas atau iga itu saja sudah berbeda rasanya. Kalau sengkel kan lebih ada crunchy-nya," ujarnya.

Samosa dan Sop Sengkel KambingSamosa dan Sop Sengkel Kambing Foto: detikFood/Esti Widiyana

Sementara untuk bumbunya dibuat dari bahan rempah pilihan. Seperti madras kari, bawang putih, bawang bombay, wortel dipotong kecil-kecil, kentang dan dicampur dengan potongan sengkel kambing dimasak menjadi satu.

"Setelah itu, olahan daging dilapisi dengan kulit lumpia dibentuk menyerupai piramida. Rasanya khas Timur Tengah karena ada madras karinya, aroma khasnya dari situ. Rasanya lebih gurih," jelasnya.

Saat menggoreng samosa daging kambing, caranya sama dengan menggoreng pisang goreng. Ditunggu hingga warnanya berubah menjadi kuning keemasan.

"Digoreng nggak terlalu lama, seperti menggoreng pisang goreng sampai keemasan. Jadi camilan ini cocok untuk santapan ketika pandemi, karena ada rempah-rempahnya," pungkasnya.



Simak Video "Inspirasi Sajian di Momen Idul Adha: Lontong Kambing Seafood"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com