Jual Samosa dengan Nama 'Segitiga Gaya India', Toko Ini Dikritik Netizen

Riska Fitria - detikFood Senin, 21 Jun 2021 11:30 WIB
Jual Samosa dengan Nama Segitiga Gaya India, Toko Ini Dikritik Netizen Foto: Utusan TV
Jakarta -

Netizen Asia dibuat kesal dengan toko kelontong di Australia. Mereka menjual samosa dengan isian nangka dan diberi nama 'Indian Style Triangles' alias 'Segitiga Gaya India'.

Setiap negara memiliki kebudayaannya masing-masing. Dan kuliner masuk ke dalam kebudayaan tersebut. Kuliner khas juga bukan hanya sekadar makanan, tetapi memiliki filosofi di setiap bagiannya dan menjadi identitas.

Mulai dari bahan yang digunakan, cara penyajian hingga bentuk tampilan dari kuliner itu sendiri. Maka tak heran ada pihak yang tersinggung ketika kuliner asal negaranya diubah begitu saja.

Baca Juga : Dari Pho Hingga Foie Gras, Ini 5 Makanan yang Sering Salah Sebut

Jual Samosa dengan Nama 'Segitiga Gaya India', Toko Ini Dikritik NetizenJual Samosa dengan Nama 'Segitiga Gaya India', Toko Ini Dikritik Netizen Foto: Utusan TV

Seperti yang terjadi di Australia. Seorang pengguna Facebook membagikan lewat grup Subtle Curry Traits bahwa ada toko kelontong di Oakleigh, Melbourne memberi nama alternatif untuk samosa dengan sebutan 'Indian Style Triangles'.

Samosa adalah kuliner berupa pastry goreng berbentuk segitiga. Biasanya di dalamnya diisi dengan kentang rebus berbumbu rempah, kacang kapri, bawang bombai, dan daging cincang.

Samosa populer sebagai kuliner khas Asia Tengah, Asia Selatan hingga ke Timur Tengah. Salah satunya sangat populer di India. Dalam unggahan di Facebook menunjukkan sebuah kotak kemasan samosa.

Jual Samosa dengan Nama 'Segitiga Gaya India', Toko Ini Dikritik NetizenJual Samosa dengan Nama 'Segitiga Gaya India', Toko Ini Dikritik Netizen Foto: Utusan TV

Dengan jelas kemasan samosa itu diberi nama 'Indian Style Triangles'. Anehnya lagi, di kemasan itu juga mengatakan bahwa samosanya diisi dengan nangka yang diracik dengan bumbu India, lapor World of Buzz (18/06).

Unggahan tersebut langsung mengundang komentar netizen di Asia. Banyak dari mereka yang merasa tak terima dengan penamaan samosa tersebut. Bukan hanya itu, mereka juga merasa aneh dengan isian nangkanya.

"Entah mana yang lebih menyakitkan nama 'segitiga' atau ide untuk memasukkan nangka ke dalam samosa," tulis netizen.

"Kalau logikanya kayak gini, mereka seharusnya menyebut pizza dengan sebutan 'Italian Style Circles'," tulis netizen lainnya.

Jual Samosa dengan Nama 'Segitiga Gaya India', Toko Ini Dikritik NetizenJual Samosa dengan Nama 'Segitiga Gaya India', Toko Ini Dikritik Netizen Foto: Utusan TV

Hal serupa juga terjadi di Indonesia, di mana seorang pengguna TikTok menyebut klepon dengan sebutan 'green takoyaki'. Padahal klepon dan takoyaki adalah dua makanan yang berbeda.

Klepon merupakan jajanan tradisional khas Indonesia dengan rasa manis. Sementara takoyaki adalah jajanan khas Jepang dengan cita rasa gurih. Keduanya memang memiliki tekstur yang kenyal.

Unggahan tersebut juga tak kalah menyita perhatian netizen Indonesia. Sementara itu, di Singapura juga pernah kejadian. Sebuah kafe menawarkan nasi Padang tanpa 'zat kotor'.

Zat kotor yang dimaksud adalah lauk-pauk jeroan dan kuah bersantan. Padahal hal tersebut merupakan ciri khas dari nasi Padang itu sendiri. Sempat diboikot, akhirnya kafe tersebut menyampaikan permintaan maaf.

Baca Juga : Sajikan Nasi Padang tanpa 'Zat Kotor', Kafe di Singapura Ini Dikritik dan Minta Maaf



Simak Video "Bikin Laper: Review Ayam Goreng-Samosa Buatan UMKM"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com