30 Resep Daging Kambing & Sapi Idul Adha

Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy'

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 17 Jul 2021 17:00 WIB
Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips ‘Dims The Meat Guy’ Foto: iStock
Jakarta -

Mengolah daging kurban jadi tongseng atau sate sudah biasa, bagaimana dengan beefsteak? Ternyata hal ini bisa dilakukan lho!

Di Indonesia Idul Adha dirayakan dengan kehadiran ragam olahan daging kambing dan sapi di meja makan. Kebanyakan merupakan olahan tradisional yang menggunakan banyak bumbu dan rempah.

Sebut saja tongseng, gule, dan tengkleng yang amat populer sebagai hidangan Idul Adha. Tak ketinggalan sate bumbu kecap maupun kacang yang praktis dan nikmat.

Selain dimasak menggunakan resep tradisional, daging kurban ternyata mungkin diolah jadi steak. Olahan daging panggang gaya Barat ini memakai bumbu sederhana, namun rasanya nikmat.

Pencinta olahan daging sekaligus TikToker kuliner ternama, Dims The Meat Guy mengungkap rahasia bikin steak enak dari daging kurban. Kepada detikfood (15/7), pria bernama Dimas ini mengungkap bagian daging sapi yang bisa dipakai.

Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy'Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy' Foto: iStock

"Bagian has dalamnya (tenderloin) yang paling enak untuk dijadiin steak karena paling empuk. Soalnya sapi kurban pakainya yang lokal kan biasanya, jadi dagingnya agak alot," kata Dimas.

Namun ia sendiri mengaku lebih suka bagian daging sapi yang ada banyak lemaknya. Dimas mengatakan, "Tapi kalau has dalam lemaknya sedikit, jadi kalau saya lebih prefer bagian yang lemaknya banyak kayak bagian rib eye (bagian sekitar tulang rusuk sapi) dan sirloin (has luar),"

Sebelum mengolah daging kurban, pastikan me-resting atau mengistirahatkan daging lebih dulu. Jangan langsung mengolahnya.

Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy'Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy' Foto: Instagram dimsthemeatguy

"Karena sapi atau kambing kan sehabis disembelih akan mengalami yang biasa disebut post mortem. Post mortem ini itu singkatnya terjadi perubahan reaksi kimia yang menyebabkan jaringan otot-otot hewan menjadi tegang dan jadi keras dagingnya," kata Dimas.

Untuk menambah keempukan daging, ia memilih merendam daging dengan nanas atau pepaya parut sebelum diolah. Setelah itu siapkan bumbu untuk mengolahnya.

Ia mengatakan steak paling enak memakai bumbu Barat yang simple. "Kalau bumbu kombinasi paling the best garam, merica, garlic powder, dan paprika powder. Kalo mau lebih mantap lagi pas masak di-basting pake butter dicampur bawang putih dan daun rosemary," beber Dimas.

Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy'Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips 'Dims The Meat Guy' Foto: iStock/Instagram dimsthemeatguy

Basting merupakan proses melapisi makanan saat dimasak. Untuk basting mentega ke daging steak bisa dengan cara mengguyurnya menggunakan sendok atau dioles dengan kuas. Basting membuat rasa makanan lebih lezat, makanan tidak kering, dan tampilannya mengilap.

Selain bumbu Barat, steak daging kurban juga bisa dipadukan bumbu tradisional. "Biasanya saya suka campur steak pakai sambal geprek," tutup pria ramah ini.



Simak Video "Inspirasi Sajian di Momen Idul Adha: Lontong Kambing Seafood"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com