Panas Mengepul! Bakso Lava di Atas Hot Plate Disiram Saus BBQ

Bima Bagaskara - detikFood Senin, 21 Jun 2021 14:00 WIB
Kuningan -

Penggemar bakso pasti puas menyantap bakso di sini. Bakso di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ini disajikan di atas hot plate. Hangat hingga suapan terakhir!

Namanya Bakso Lava. Sepintas memang tidak ada yang aneh dari bakso yang dijual oleh Warung Bakso Tetelan Eatkuy yang ada di Jalan Dewi Sartika, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan ini. Bakso di sini tetap berbentuk bulat seperti bakso pada umumnya.

Namun bakso lava ini disajikan bukan dalam sebuah mangkok, bulatan bakso lava justru disajikan di atas hot plate layaknya beefsteak. Bakso akan hangat mengepul hingga suapan terakhir.

Bakso ini diberi nama bakso lava karena sebelum menyantapnya kamu harus lebih dulu mengguyur bakso seberat 700 gram ini dengan kuah barbeque yang sangat panas. Bak gunung api meletus, suara mendesis dan asap langsung keluar saat kuah barbeque diguyurkan ke hot plate.

Panas Mengepul! Bakso Lava di Atas Hot Plate Disiram Saus BBQPanas Mengepul! Bakso Lava di Atas Hot Plate Disiram Saus BBQ Foto: Bima Bagaskara

Tidak hanya itu, saat bakso lava ini dibelah, beragam isian seperti bakso kecil dan cabai rawit segar akan langsung keluar bak guguran lava dari gunung api yang meletus. Untuk rasanya, jangan ditanya lagi bakso lava ini menggunakan daging sapi segar dan memiliki tekstur yang kenyal serta rasanya yang pedas menggelegar.

Alviana Yusuf pemilik Warung Bakso Tetelan Eatkuy mengatakan bakso lava di kedai miliknya ini merupakan menu yang baru dirilis beberapa waktu lalu. Bakso lava ini sengaja dihadirkan untuk memberikan sensasi berbeda menikmati bakso kepada pengunjung.

"Ini menu baru kita, bakso lava. Disajikan di atas hot plate dengan pisau kecil dan garpu, serta tambahan kuah barbeque panas, jadi seolah-olah bakso ini seperti gunung api yang meletus, keluar lava dan asapnya saat dinikmati," kata Yusuf kepada detikcom,Minggu (20/6/2021).

Panas Mengepul! Bakso Lava di Atas Hot Plate Disiram Saus BBQPanas Mengepul! Bakso Lava di Atas Hot Plate Disiram Saus BBQ Foto: Bima Bagaskara

Bakso lava inipun ramai di media sosial. Banyak pecinta bakso yang penasaran ingin mencicipi bakso lava yang dibuat Yusuf. Saking banyaknya peminat, dalam sehari Yusuf bisa menjual hingga 100 porsi bakso lava.

Nana Juhana salah seorang pengunjung Warung Bakso Tetelan Eatkuy mengungkapkan baru pertama kali mencicipi bakso lava ini. Menurutnya bakso yang disajikan di atas hot plate ini sangat unik dan jarang ditemui.

Panas Mengepul! Bakso Lava di Atas Hot Plate Disiram Saus BBQPanas Mengepul! Bakso Lava di Atas Hot Plate Disiram Saus BBQ Foto: Bima Bagaskara

"Baru coba ini, unik baksonya bukan di mangkok. Terus juga kuah barbeque pas disiram ke baksonya jadi sensasi sendiri, bener kaya gunung api meletus, rasanya juga enak," singkat Nana.

Selain bakso lava di Warung Bakso Tetelan Eatkuy ini juga terdapat menu bakso lainnya yang tidak kalah unik. Ada bakso hitam hingga bakso mozzarella. Untuk harganya, seporsi bakso lava dijual seharga Rp 60 ribu. Sementara bakso lainnya dijual mulai dari harga Rp 15 ribu hingga Rp 30 ribu.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com