8 Tempat Makan Halal di Singapura, Ada Ramen hingga Dim Sum Halal

Tim detikfood - detikFood Rabu, 05 Mei 2021 15:00 WIB
7 Ramen Populer Asli Jepang, dari Sapporo hingga Hakata Foto: Getty Images/iStockphoto/kanonsky

7. Wanderlost Lounge - By The Halal Mixologist

8 Tempat Makan Halal di Singapura, Ada Ramen hingga Dim Sum Halal8 Tempat Makan Halal di Singapura, Ada Ramen hingga Dim Sum Halal Foto: Facebook Wanderlost Lounge - By The Halal Mixologist

Lounge yang berlokasi di atap gedung distrik bisnis (CBD) Singapura ini menawarkan pemandangan yang indah dan memberikan suasana yang nyaman saat menikmati minuman. Uniknya, Wanderlost Lounge - By The Halal Mixologist menjual 100 persen mocktail atau cocktail non alkohol.

Pemilik Wanderlost Lounge - By The Halal Mixologist adalah seorang Muslim. Selain mocktail ada berbagai makanan yang dimasak dengan cara dibakar seperti steak dan burger.

Tempat ini juga ramah akan pengunjung anak. Di sini ada berbagai camilan manis dengan tampilan menarik.
Harga makanan di sini mulai 4 dollar Singapura atau setara Rp 42.000 , sementara mocktail mulai 13 dollar Singapura atau setara Rp 140.000.

Alamat: Realty Centre, 15 Enggor Street #12-01 12th floor, Singapore 079716

Cara menuju Wanderlost Lounge - By The Halal Mixologist: Berhenti di Stasiun MRT Tanjong Pagar, jalan kaki 400 meter (5 menit).

8. Bazaar Ramadan di Geylang Serai

8 Tempat Makan Halal di Singapura, Ada Ramen hingga Dim Sum Halal8 Tempat Makan Halal di Singapura, Ada Ramen hingga Dim Sum Halal Foto: Facebook Ramadhan Bazaar Singapore

Bazaar Ramadan di Geylang Serai adalah acara rutin tahunan yang digelar saat bulan Ramadhan di Geylang, Singapura.

Ada banyak penjual makanan dan camilan halal yang unik dari takjil sampai makanan hipster, seperti praffle yakni adonan waffle campur prata dengan saus chili crab, lobster roll atau hot dog isi lobster, lobster isi nasi lemak, cakwe dengan berbagai topping, roti panggang warna-warni, semangka volcano, aneka merek boba, dan makanan tradisional seperti kuih (kue basah), otak-otak, dan dendeng.

Bazaar yang jumlah stallnya berkisar 500-800 ini juga menjual pakaian Muslim, dekorasi Lebaran, dan berbagai acara menarik.

Bazaar Ramadan di Geylang Serai adalah melting pot mini Singapura, karena di sini masyarakat dari berbagai latar belakang berkumpul dan merayakan Ramadhan.

Sayangnya Ramadhan Bazaar pada musim pandemi ini diselenggarakan secara online untuk keamanan semua pengunjung. Pengunjung bisa ikut bazaar online, melihat pertunjukan komedi, dan ikut kelas memasak gratis.

Untuk mengetahui tempat makan halal di Singapura, ada panduan mencari restoran atau hawker halal yang dimuat dalam buku saku Muslim Visitor Guide to Singapore, seperti berikut:

1. Logo Halal Certified Establishments oleh MUIS

8 Tempat Makan Halal di Singapura, Ada Ramen hingga Dim Sum Halal8 Tempat Makan Halal di Singapura, Ada Ramen hingga Dim Sum Halal Foto: Singapore Halal Certification Wareeshalal

Jika Anda menemukan logo ini di restoran Singapura, berarti restoran tersebut sudah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Islam Singapura (MUIS).

MUIS merupakan badan resmi yang berhak mengeluarkan sertifikat halal dan mengatur regulasi industri halal di Singapura, termasuk restoran.

2. Perusahaan oleh pengusaha Muslim
Selain logo dari MUIS, pemilik restoran Muslim di Singapura diizinkan untuk membuka tempat makan tanpa akreditasi formal dari MUIS.

Restoran ini sudah pasti menggunakan 100 persen bahan makanan halal. Restoran ini umumnya menjadi langganan penduduk Muslim lokal.

Adapun tempat makan halal enak di Singapura yang disebutkan di atas sudah memiliki sertifikasi SG Clean sehingga pengunjung bisa merasa aman dan nyaman saat bersantap, termasuk di masa pandemi Covid-19. Singapura menyelenggarakan kampanye SG Clean untuk menjamin standar kebersihan di tempat umum dari berbagai industri, termasuk industri pariwisata dan layanan makanan.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com