Cocok untuk Diabetesi, Ini Avocado Coffee Nikmat ala Chef Marinka

Abu Ubaidillah - detikFood Rabu, 07 Apr 2021 18:59 WIB
Tropicana Foto: Screenshoot detikcom
Jakarta -

Kebiasaan mengonsumsi yang manis-manis tampaknya masih sulit dihindari sebagian orang. Namun bila dilakukan secara berlebihan, hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terutama bagi penderita diabetesi.

Apalagi di momen Hari Kesehatan Dunia 2021 yang jatuh pada hari ini, para diabetesi diingatkan kembali untuk menjaga pola makan yang sehat dan teratur. Tujuannya agar diabetes bisa dicegah dan tak menimbulkan berbagai masalah lainnya.

Namun bagi yang tetap mau mengonsumsi yang nikmat-nikmat tanpa berpengaruh pada kondisi diabetes tak usah khawatir. Sebab Chef Marinka membagikan sebuah menu minuman nikmat yang cocok buat para diabetesi. Menu tersebut adalah Avocado Coffee dan cara membuatnya pun tak terlalu rumit.

Chef Marinka menjelaskan bahan-bahan yang digunakan juga tidak terlalu banyak, di antaranya adalah frozen banana, espresso yang sudah didinginkan, vanila essence, dan Avocado Coffee dari Tropicana Slim.

"Biar nggak terlalu dalam keadaan panas, sebaiknya ini dengan air panas dulu diaduk, baru entar dengan air dingin," kata Chef Marinka dalam video Healthy DIY Cooking With Chef Marinka di channel YouTube Tropicana Slim, dilansir Selasa (7/4/2021).

Setelah itu, buat nice cream (sesuatu yang lebih sehat dari ice cream) dengan menggunakan frozen banana. Caranya adalah frozen banana dipotong kecil-kecil, dimasukkan ke blender dicampur dengan vanilla essence, bubuk coklat, dan vanilla essence. Untuk jumlahnya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Lalu, Chef Marinka juga mengatakan boleh menambahkan kental manis sesuai selera, bisa satu sendok makan, dua sendok makan, atau lima sendok makan. Kental manis yang direkomendasikan adalah dari Tropicana Slim yang diformulasikan bebas gula sehingga tidak menaikkan kadar gula darah.

TropicanaFoto: Screenshoot detikcom

Setelah semuanya diblender, hasilnya akan creamy, namun harus dimasukkan ke freezer terlebih dahulu. Setelah dingin, hasilnya bisa ditambahkan sebagai topping di Avocado Coffee yang telah dibuat.

Untuk topping tambahan, bisa menggunakan cookies dari Tropicana Slim yang bebas gula. Selain itu juga bisa ditambahkan coffee bean, daun mint, atau yang lainnya sesuai selera.

Tidak hanya Avocado Coffee, Chef Marinka juga membagikan resep sehat ayam penyet dan pay susu yang baik untuk penderita diabetes. Tayangan video resep pembuatannya juga bisa dilihat di YouTube Tropicana Slim. Ia juga membagikan tips supaya tidak bosan memasak menu ini itu saja.

"Biar nggak bosen tentunya ganti-ganti lauknya ya, hari ini inspiration-nya Indonesian, besok inspiration-nya Japanese kek, Korean kek, atau dari bahan-bahannya contohnya dari satu kimchi aja bisa buat macem-macem," terangnya.

Selain membagikan menu resep sehat bersama Chef Marinka, Tropicana Slim dalam momen peringatan Hari Kesehatan Dunia 2021 ini juga mengadakan acara Learn From Sobat Diabet dan Meet The Expert yang bisa disaksikan di channel YouTube Tropicana Slim.

(ncm/ega)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com