Penting! Ini Cara Atur Pola Makan yang Benar untuk Penderita Diabetes

Alfi Kholisdinuka - detikFood Jumat, 17 Jul 2020 17:17 WIB
Makanan sehat Foto: shutterstock
Jakarta -

International Diabetes Federation menyatakan bahwa pola makan sehat merupakan komponen esensial dalam penanganan diabetes. Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk memilih makanan yang seimbang dan bervariasi, guna menjaga keseimbangan kadar gula darah dan menjaga kondisi kesehatan mereka secara umum.

Melansir Centers for Disease Control and Prevention mengatur pola makan mungkin dapat menyulitkan bagi sebagian orang. Namun, untuk mempermudah pengaturan pola makan, penderita diabetes dapat menggunakan metode piring makan saat menentukan menu makanan utama, seperti halnya berikut ini:

  • ½ bagian diisi dengan sayuran misalnya salad, sayuran hijau, kembang kol, wortel, atau selada.
  • ¼ bagian diisi dengan sumber protein rendah lemak seperti tahu, kacang-kacangan, telur, dan ikan.
  • ¼ bagian diisi dengan sumber karbohidrat. Sebaiknya, pilih sumber karbohidrat dari biji-bijian utuh dan yang kaya serat untuk membantu kontrol kadar gula darah.

Selain itu, Anda juga harus merencanakan makan teratur dan seimbang untuk menghindari kadar gula darah tinggi atau rendah. Berikut ini tips tambahan untuk makan lebih sehat.

  • Atur pola makan secara teratur dan jangan melewatkan waktu makan. Pilih sumber karbohidrat dari biji-bijian utuh dan kaya serat, seperti roti gandum untuk sarapan, yang bisa dinikmati dengan Tropicana Slim Chocolate Spread yang kandungan gulanya lebih rendah.
  • Gunakan piring yang lebih kecil agar makanan terlihat lebih banyak sehingga porsi makan berkurang.
  • Makan lebih perlahan untuk mencegah makan berlebihan.
  • Hindari makan sambil menonton televisi atau melakukan hal lain karena membuat kita cenderung makan berlebihan.
  • Pilih menu yang dipanggang, direbus, atau dikukus dibandingkan menu yang digoreng.

Saat ini, porsi di restoran sedikit lebih besar, satu hidangan pembuka dapat setara dengan 3 atau 4 porsi. Studi menunjukkan bahwa orang cenderung makan lebih banyak ketika mereka disajikan lebih banyak makanan, sehingga mendapatkan porsi di bawah kendali sangat penting untuk mengelola berat badan dan gula darah.

Jika Anda makan di luar, siapkan setengah dari makanan Anda sehingga Anda dapat menikmatinya di lain waktu atau di rumah. Saat makan malam, sajikan satu porsi setiap hidangan per piring. Kurangi godaan untuk kembali selama beberapa detik dengan menjaga mangkuk saji di luar jangkauan.



Simak Video "Yuk Jaga Alam Lewat Pola Konsumsi Pangan Kita!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)