Diabetesi Harus Waspada, Tanpa Disadari Gula Bisa Sembunyi di Makanan

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFood Jumat, 17 Jul 2020 17:40 WIB
Makanan manis Foto: shutterstock
Jakarta -

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebih dapat berefek negatif bagi kesehatan. Salah satunya, dilansir dari jurnal Food and Nutrition Research yang menyimpulkan bahwa konsumsi minuman tinggi gula berkaitan erat dengan penumpukan lemak tubuh, masalah kegemukan, dan penyakit diabetes.

Studi lain dikutip dari Current Diabetes Report juga menunjukkan hal yang serupa, seseorang yang mengonsumsi minuman manis tinggi gula sebanyak 1-2 saji per hari, ternyata memiliki risiko terkena diabetes hingga 26% lebih tinggi dibanding dengan yang tidak mengonsumsinya.

Meskipun jarang menambahkan gula, seseorang juga belum tentu aman dari penyakit diabetes. Masyarakat harus berhati-hati karena saat ini banyak makanan dan minuman sehari-hari yang tinggi kandungan gulanya tanpa disadari lho! Makanan dan minuman tersebut tinggi kalori namun rendah nilai gizinya karena tidak diimbangi dengan kandungan protein, vitamin, dan mineral yang setara.

Akibatnya, konsumsi berlebihan akan menyebabkan kenaikan berat badan dan berbagai masalah kesehatan yang berkaitan dengan obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Beberapa contoh makanan dan minuman tinggi gula yang tanpa sadar sering dikonsumsi adalah sebagai berikut.

• 1 gelas minuman bubble tea ≈ 3 sendok makan gula

• 1 gelas frappuccino ≈ 2.5 sendok makan gula

• 1 potong cheese cake ≈ 1.5 sendok makan gula

• 1 sendok makan selai buah ≈ 1 sendok makan gula

• 1 batang coklat ≈ 2 sendok makan gula

• 2 potong biskuit isi krim ≈ 1 sendok makan gula

Dapat dilihat, begitu banyak makanan dan minuman tinggi gula yang sering banyak orang makan tanpa disadari. Padahal, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan pembatasan konsumsi gula sebanyak maksimal 50 gram per hari atau setara dengan 4 sendok makan.

Tetapi tenang saja, Anda masih bisa merasakan manis yang lebih sehat dengan mengganti gula dengan Tropicana Slim Sweetener Honey. Selain rendah kalori, Tropicana Slim Sweetener Honey juga memberikan rasa madu yang membuat minuman tambah nikmat!



Simak Video "Rambut Nenek Desa Kesambi Meroket ke Luar Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)