Di Warung Sedekah Ini Bisa Ambil Nasi Bungkus Gratis

Dian Utoro Aji - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 10:15 WIB
Di Warung Sedekah Ini Bisa Ambil Nasi Bungkus Gratis Foto: detikcom/Dian Utoro Aji
Kudus -

Ada banyak cara dilakukan untuk berbagi di tengah pandemi virus Corona. Di Kudus, Jawa Tengah terdapat Warung Sedekah bagi warga yang membutuhkan.

Warung Sedekah ini terletak di Jalan Sunan Kudus. Dari pusat alun - alun Kudus sekitar 1 kilo meter. Di warung itu warga bisa mengambil makanan secara gratis.

Makanan yang disiapkan sudah dibungkus rapi. Selain makanan komplet lauk pauk juga terdapat minuman. Uniknya makanan itu digantung di atas pagar.

Warga yang datang tinggal mengambilnya. Warga pun harus menjaga jarak dan memakai masker.

Di Warung Sedekah Ini Bisa Ambil Nasi Bungkus GratisDi Warung Sedekah Ini Bisa Ambil Nasi Bungkus Gratis Foto: detikcom/Dian Utoro Aji

Pengelola Warung Sedekah, Bosnia mengatakan selama pandemi ini sudah enam bulan buka di Jalan Sunan Kudus. Warung Sedekah buka setiap hari Kamis siang.

"Kita berlangsung sudah enam bulan. Setiap Kamis saja. Setiap mulai 13.00 WIB sampai 15.00 WIB," kata Bosnia saat ditemui di lokasi, Kamis (25/2/2021).

Bosnia mengatakan Warung Sedekah ini bermula dari motivasi sekelompok orang yang bersama - sama salat tahajud. Setiap kali salat tahajud diiringan dengan melakukan sedekah.

"7 Januari 2016, mulai berdiri motivasi dari kelompok salat tahajud salat sebelum salat subuh. Saling sms, dipelajari salat tahajud beriringan dengan sedekah," ucapnya.

Di Warung Sedekah Ini Bisa Ambil Nasi Bungkus GratisDi Warung Sedekah Ini Bisa Ambil Nasi Bungkus Gratis Foto: detikcom/Dian Utoro Aji

Bosnia menjelaskan dulunya Warung Sedekah berada di Jalan Ahmad Yani Kudus. Namun sekarang pindah di jalan Sunan Kudus. Bukanya mulai pukul 13.00 WIB.

"Dulu di Jalan Ahmad Yani, Kudus pakai tenda segala macam. Ini masalah pandemi buka di Jalan Sunan Kudus. Menghindari kerumunan mulai jam 1 siang sudah buka," bebernya.

Setiap kali buka, kata dia menyediakan 350 bungkus nasi. Ratusan bungkus nasi itu berasal dari donatur yang ada di Kudus.

"Dulu 100 bungkus sampai sore, 350 bungkus ini dua jam habis. Ada donaturnya, rata - rata setiap kamis 350 bungkus. Kalau bulan ramadan kita buka 350 porsi minimal sehari," jelasnya.

Di Warung Sedekah Ini Bisa Ambil Nasi Bungkus GratisDi Warung Sedekah Ini Bisa Ambil Nasi Bungkus Gratis Foto: detikcom/Dian Utoro Aji

"Tidak ada mangkat di tempat, pakai ini. Dibungkus jaga jarak, orang bisa ambil makanan ini," sambung Bosnia.

Bosnia menjelaskan tidak ada tujuan apa - apa terkait dengan adanya Warung Sedekah. Menurutnya warung ini semata - mata berharap ridho dari Allah.

"Tidak ada tujuan apa-apa. Berbagi sesama, fondasi ini gini, di Al-Quran Surat An Insan surat 76 ayat 9. Aku memberi makan kepada mu semata -mata hanya berharap ridho Allah tidak berharap balasannya apalagi ucapan terima kasih," ucapnya.

Dari pantauan di lokasi banyak warga yang datang untuk mengambil bungkusan makanan, Kamis (25/2/2021). Mereka terdiri dari warga sekitar, tukang becak, hingga pedagang mainan.

Salah satu penjual mainan di sekitar Jalan Sunan Kudus, Yanto mengaku bersyukur mendapatkan bungkusan makanan gratis. Apalagi kata dia saat pandemi seperti ini. Menurutnya bungkusan makanan membantu warga sekitar.

"Alhamdullillah terbantu. Bagi kami rakyat kecil, pedagang mainan, masa sekarang serba susah. Ada warung sedekah membantu kami," ucap Yanto ditemui siang ini.



Simak Video "Bikin Laper: Review Warung Korea Pop di Jakpus"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com