Keren! Keluarga Ini Buka Dapur Umum dengan Menu Prasmanan Gratis

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 14:30 WIB
Keren! Keluarga Ini Buka Dapur Umum dengan Menu Prasmanan Gratis Foto: Twitter @atemalem (Reh Atemalem)
Jakarta -

Keluarga ini kompak membuka dapur umum untuk membagikan makanan gratis ke sesama. Bukan berupa nasi kotak tapi menu prasmanan.

Banyak cara untuk berbagi kebaikan, seperti yang dilakukan oleh pengguna Twitter bernama Reh Atemalem. Lewat akun Twitternya @atemalem, Reh berbagi kisah tentang dapur umum yang didirikan oleh dirinya dan keluarga untuk berbagi makanan gratis.

Kepada detikFood (24/02), Reh yang berasal dari Medan, mengungkapkan bahwa keluarganya sudah sejak dulu memiliki cita-cita untuk membuka dapur umum di rumah.

Ia ingin memiliki dapur umum yang jadi tempat untuk orang-orang jika membutuhkan makanan.

Baca Juga: Warung Makan Ini Berikan 150 Porsi Makanan Gratis Tiap Hari


Berawal dari Katering Sedekah

Keren! Keluarga Ini Buka Dapur Umum dengan Menu Prasmanan GratisKeren! Keluarga Ini Buka Dapur Umum dengan Menu Prasmanan Gratis Foto: Twitter @atemalem (Reh Atemalem)

"Jadi, mau cerita soal cita-cita kami buka semacam dapur umum di rumah. Pinginnya, dapur umum ini bisa jadi tempat orang-orang datang kalau butuh makan. Lokasinya ada di Medan Marelan. Bukan di pusat kota, tapi cukup ramai yg lalu lalang," tulis Reh di Twitter, yang kini cuitannya sudah disukai lebih dari 3 ribu pengguna.

Reh mengungkapkan bahwa awalnya ia dan keluarga sudah membuka usaha makanan sejak Oktober 2018, di Medan Marelan.

Melihat peluang untuk berbuat kebaikan kepada sesama. Pada bulan Oktober 2020, Reh akhirnya membuka jasa titipan sedekah di Instagram @pondokbangaam. @pondokbangaam ini bisa juga disebut sebagai katering sedekah. Karena orang-orang yang mau bersedekah nasi kotak, hingga sarapan bisa menyumbangkan uang mereka ke @pondokbangaam.

Nantinya @pondokbangaam akan menyalurkan makanan-makanan tersebut ke orang yang membutuhkan, lengkap dengan dokumentasinya.


Ide Awal Dapur Bersama

Keren! Keluarga Ini Buka Dapur Umum dengan Menu Prasmanan GratisKeren! Keluarga Ini Buka Dapur Umum dengan Menu Prasmanan Gratis Foto: Twitter @atemalem (Reh Atemalem)

"Pas jalanin titipan sedekah, kami mulai kepingin bikin dapur umum dengan makanan sederhana. Pinginnya, kalau ada yang lapar, kami bisa sediakan makanan. Yang penting laparnya hilang aja," ungkap Reh.

Dengan dana seadanya, ia dan keluarganya mulai membuka dapur umum ini setiap hari Jumat. Menurutnya yang penting cita-citanya ini bisa dimulai, agar niat baik mereka terlaksana.

"Ke depannya gimana, ya lihat nanti. Semoga ada rezeki supaya bisa terus jalan," lanjut Reh.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kuliner Lontong Medan Topping Rendang di Cibubur"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com