Inspiratif! Office Boy Rutin Bagikan Makanan Gratis untuk Tunawisma

Riska Fitria - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 17:30 WIB
Inspiratif! Office Boy Rutin Bagikan Makanan Gratis untuk Tunawisma Foto: iStock
Jakarta -

Seorang office boy bersedekah dengan memberikan makanan gratis kepada orang yang membutuhkan. Ia memasak makanan sendiri menggunakan upah minimumnya.

Kisah menginspirasi datang dari seorang office boy yang bekerja di sebuah kantor di Jakarta. Ia adalah Marzuki yang memiliki jiwa sosial tinggi. Setiap seminggu sekali ia rutin membagikan makanan gratis.

Makanan gratis diberikan untuk orang-orang yang membutuhkan. Seperti pemulung atau gelandangan yang ditemui di jalanan. Aksi mulianya ini berawal dari Marzuki yang tak tega melihat keluarga pemulung kelaparan.

Baca Juga : Nenek Ini 20 Tahun Sedekah Tetesan Gula Merah ke Semut, Ini Keberkahannya

Inspiratif! Office Boy Rutin Bagikan Makanan Gratis untuk TunawismaInspiratif! Office Boy Rutin Bagikan Makanan Gratis untuk Tunawisma Foto: iStock

"Saat sedang berteduh, saya menemukan keluarga pemulung yang terbaring di trotoar. Ada bayi yang sedang menangis. Sementara sang ibu mengatakan kepada suaminya kalau bayinya lapar," ujar Marzuki.

Dilansir dari Channel New Asia, saat itu Marzuki baru bekerja sebagai office boy selama tiga minggu. Jadi, dia belum bisa membantu karena belum menerima gaji.

Baru ketika ia menerima gaji pertamanya yang kurang dari 3 juta, dia membeli kompor listrik dan menyiapkan makanan untuk keluarga pemulung yang ia lihat pada saat itu.

Namun sayangnya, Marzuki tidak bertemu dengan mereka lagi. Ia pun lantas memberikan makanan tersebut untuk tunawisma yang ia temui di jalanan. Dari sanalah ia memulai aksi mulianya.

Tidak ada anggaran tetap untuk aksi mulianya tersebut. Pria berusia 33 tahun tersebut menyisihkan sekitar 25-30% dari gaji bulannya untuk memasak makanan gratis.

Inspiratif! Office Boy Rutin Bagikan Makanan Gratis untuk TunawismaInspiratif! Office Boy Rutin Bagikan Makanan Gratis untuk Tunawisma Foto: iStock

Berkat aksi mulainya itu, kini banyak teman-teman Marzuki yang terinspirasi untuk bergabung dalam membagikan makanan gratis ke seluruh Jakarta. Beberapa temannya menawarkan tempat untuk menyiapkan makanan.

Mengingat tempat tinggal Marzuki sangat sempit. Biasanya mereka menyiapkan makanan sekitar 50 hingga 100 paket. Menunya berupa nasi dan sayur, terkadang juga ada daging sapi di hari-hari tertentu.

Marzuk mengatakan bahwa selama ini pengalamannya dalam bersedekah terasa sangat menyenangkan. Bahkan ia menyebut dirinya kecanduan untuk membantu orang lain.

Apalagi sekarang jumlah tunawisma dirasa lebih banyak di tengah pandemi COVID-19. Menurut Marzuki berbagi dapat membuat kita merasa cukup. Karena bersedekah juga bisa membuka rezeki kita.

Baca JUga : Ingin Sedekah, Pemilik Warung Ini Tolak Uang Nenek yang Beli Dagangannya

[Gambas:Video 20detik]



(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com