Manis & Gurih Martabak

Manis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai Arang

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 24 Okt 2020 14:00 WIB
Manis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai Arang Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Di Suryakencana ada Martabak Bangka Afo yang legendaris. Sampai sekarang martabak manis ini diolah pakai api arang.

Selain Martabak Encek yang legendaris di Gang Aut, tak jauh dari sana ada juga martabak khas Bangka yang sudah ada sejak dulu. Namanya Martabak Bangka Afo, sudah berjualan sejak tahun 1978.

Baca Juga: 5 Martabak Legendaris di Indonesia Ini Masih Eksis, Ada yang dari 1975!

Manis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai ArangKoh Afo, pemilik Martabak Bangka Afo. Foto: dok. detikFood

Selama lebih dari 42 tahun berjualan, Martabak Bangka Afo tak pernah merubah resep dan menu martabak yang mereka jual. Di sini hanya jual martabak manis dengan topping klasik. Seperti keju cokelat, kacang hingga wijen.

"Awalnya di pinggir jalan jualannya, tapi semenjak tidak boleh jualan di pinggir jalan lagi, kita pindah ke sini," jelas Ibu Ayut, istri dari Koh Afo yang setiap hari ikut membuat martabak pesanan pembeli.

Dengan senyuman ramahnya, Ibu Ayut menjelaskan bahwa ciri khas martabak Bangka di sini terletak pada proses pembuatannya yang masih tradisional.

Manis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai ArangManis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai Arang Foto: dok. detikFood

"Sejak pertama jualan, kami sampai sekarang masih pakai tungku arang. Jadi aroma martabaknya ini lebih harum," jelas Ibu Ayut.

Sementara menurut Koh Afo sendiri, setiap harinya mereka bisa menghabiskan 17 kilogram adonan martabak. Jika akhir pekan atau hari libur jumlah adonan yang mereka siapkan dua kali lipat.

Koh Afo awalnya datang dari Bangka menuju Bogor untuk mencari pekerjaan. Di sana Koh Afo mulai berjualan martabak di pojokan jalan Pertigaan Lawang Seketeng. Martabaknya mulai dikenal luas dan legendaris hingga sekarang.

Manis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai ArangIbu Ayut Membuat Martabak Bangka Klasik. Foto: dok. detikFood

"Kita di sini menu martabak klasik ya. Jadi toppingnya juga hanya keju, cokelat, kacang, wijen. Sama ciri khas di sini bisa pesan pakai butter Wijsman, jadi rasanya lebih legit," lanjut Ibu Ayut.

Untuk per loyangnya, kisaran harga martabak di sini sekitar Rp 70.000. Tapi karena porsi martabak yang sangat besar, martabak bisa dipotong menjadi dua bagian. Satu porsi martabak ini bisa dinikmati 4-5 orang.

Soal cita rasa Bangka yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Aroma harum dari adonan martabak yang ditaburi gula pasir semakin menggoda selera.

Manis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai ArangManis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai Arang Foto: dok. detikFood

Tekstur martabaknya berserat tinggi dengan sarang adonan. Empuk membal menandakan fermentasi yang bagus. Rasanya lembut namun tetap padat di dalam. Gurih dan creamy dari butter Wisman meleleh menjadi satu di atas permukaan martabak yang mengepul panas.

"Di sini paling populer menu martabak kacang, keju dan cokelat. Adonan martabak di sini tidak terlalu manis, jadi ketika digabungkan dengan butter dan topping rasa manisnya tidak berlebihan," ungkap Ibu Ayut.

"Banyak pembeli yang datang ke jalan Suryakencana untuk beli martabak di sini. Ada juga yang pesan untuk oleh-oleh, di bawa ke luar kota hingga luar negeri," tutur Ibu Ayut.

Manis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai ArangManis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai Arang Foto: dok. detikFood

Karena dibuat menggunakan bahan-bahan berkualitas dan tanpa pengawet. Martabak Bangka Afo bisa bertahan sampai 3 hari di suhu ruangan. Sementara masa simpannya lebih awet jika ditaruh di dalam kulkas.

"Meski sudah disimpan di dalam kulkas, tapi tekstur martabak ini akan tetap empuk dan tidak keras," lanjutnya.

Meski pembeli Martabak Afo sempat menurun karena pandemi Corona, tapi Koh Afo dan Ibu Ayut masih semangat berjualan. Mereka mengandalkan aplikasi ojek online untuk memasarkan kembali martabak legendaris ini.

Manis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai ArangManis Legit Martabak Bangka Afo di Bogor yang Dipanggang Pakai Arang Foto: dok. detikFood

"Tentu pembelinya berkurang saat pandemi hingga sekarang. Tapi banyak pelanggan setia yang masih mampir untuk membeli martabak ini," pungkas Ibu Ayut.

Bagi yang penasaran dengan rasa martabak Bangka legendaris ini. Bisa langsung mampir ke jalan Suryakencana di Bogor. Setiap harinya kedai Martabak Bangka Afo, buka dari jam 2 siang hingga jam 8 malam.

Martabak Bangka AFO
Jalan Suryakencana, No. 232.
Pasar Babakan, Bogor Tengah.
Telp: 0856-8200-648

Baca Juga: Eksis Puluhan Tahun, 5 Martabak Ini Tetap Jadi Favorit



Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)