Martabak Manis & Gurih

5 Martabak Legendaris di Indonesia Ini Masih Eksis, Ada yang dari 1975!

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 21 Okt 2020 17:30 WIB
Martabak Legendaris di Indonesia Foto: Instagram @bangkafoodbang
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
Jakarta -

Martabak jadi kudapan favorit banyak orang di Indonesia. Variannya ada yang manis dan gurih. Ini 5 tempat martabak legendaris di Indonesia yang masih eksis.

Martabak merupakan makanan yang biasa dijadikan camilan saat malam hari. Terdiri dari dua jenis, yaitu manis dan gurih. Karakteristik kedua martabak ini sangat berbeda.

Karena martabak manis terbuat dari adonan tepung yang disajikan dengan topping. Lalu, martabak gurih terbuat dari adonan kulit yang berisikan telur, irisan daun bawang, bawang bombai, dan olahan daging cincang.

Tempat yang menjual martabak mudah ditemui di berbagai daerah Indonesia. Beberapa ada yang tergolong legendaris karena sudah beroperasi puluhan tahun dan masih eksis sampai sekarang.

Berikut 5 tempat martabak legendaris di Indonesia:

1. Martabak Pecenongan 65A

Martabak Legendaris di IndonesiaMartabak Legendaris di Indonesia Foto: Instagram @martabak65a

Martabak Pecenpngan 65A sudah sangat dikenal oleh penikmatnya. Martabak yang sudah ada sejak tahun 1980-an ini kerap disebut dengan Marabak Pecenongan.

Konon Martabak Pecenongan jadi pelopor martabak yang ada di Jakarta. Adalah Agustinus pemilik dari Martabak Pecenongan 65A. Dulunya kedai martabak ini menawarkan varian klasik.

Tapi, kini varian martabaknya sangat beragam. Lengkap dengan topping kekinian dan jenis martabak tipker atau martabak tipis kering yang teksturnya sangat renyah.

Baca Juga: 5 Martabak Jadul yang Bikin Kangen, Isi Ketan Hitam hingga Bihun

2. Martabak Encek Bogor

Martabak Legendaris di IndonesiaMartabak Legendaris di Indonesia Foto: Instagram @kulinersamacici

Tak kalah legendaris, Martabak Encek di Bogor ini juga tetap eksis sampai sekarang. Sudah ada sejak tahun 1975 dan lokasinnya masih tetap sama yaitu Jalan Surya Kencana, Gang Aut, Bogor.

Martabak yang terkenal legendaris ini selalu laris manis diserbu pembelinya. Kedai martabak ini bisa ludes terjual dalam waktu 3 jam saja. Jadi, kamu harus cepat dan datang tepat waktu kalau tak ingin kehabisan.

Keistimewaan lainnya dari Martabak Encek ini masih menggunakan arang. Jadi, aroma khas bakaran arangnya sangat khas. Harga per porsi martabaknya dibanderol Rp 40.000-Rp 60.000.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menjajal Martabak Manis Tradisional di Bogor "
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih
FOKUS BERITA Martabak Manis & Gurih