Terpopuler Sepekan

Fenomena Odading Mang Sholeh hingga 7 Bakery Jadul yang Masih Eksis

Tim detikFood - detikFood Sabtu, 19 Sep 2020 10:30 WIB
Odading Mang Sholeh Foto: detikcom
Jakarta -

Viralnya video Odading Mang Sholeh membuat warungnya laris diantre pembeli, sebenarnya apa sih odading itu? Ada pula bakery-bakery jadul yang masih eksis hingga sekarang.

Belakangan ini warung Odading Mang Sholeh ramai jadi perbincangan jagat maya. Warungnya jadi terkenal setelah viralnya sebuah video promosi bernada ngegas yang dilakukan Ade Londok. Sejak itu, banyak orang yang penasaran untuk mencicipi odading Mang Sholeh. Fenomena ini juga menarik perhatian Ridwan Kamil, hingga akhirnya ia memberikan tugas kepads Ade Londok.

Tak kalah menarik dari promosi warung odading Mang Sholeh, sebuah warung mie ayam ini juga menjalankan strategi S3 Marketing. Promosinya dengan cara curhat kehilangan uang Rp 10.000. Hal tersebut membuat netizen jadi salah fokus. Seperti apa promosinya?

Tak termakan zaman, beberapa bakery atau toko roti jadul ini tetap eksis dan masih menjadi pilihan banyak orang. Melalui thread di Twitter, seorang netizen membuat daftar bakery jadul di Jakarta yang punya roti enak. Lokasinya tersebar di beberapa titik, ada di Mangga Besar, Fatmawati hingga Taman Sari. Ada apa aja ya ?

Tiga berita berikut banyak menarik perhatian pembaca dan populer dalam sepekan. Simak informasi lengkapnya agar tidak ketinggalan berita kuliner terpopuler minggu ini.

1. Viralnya Odading Mang Sholeh

Odading Mang SholehOdading Mang Sholeh Foto: detikcom

"Odading Mang Sholeh, rasanya seperti anda menjadi iron man," pasti kamu sudah tak asing lagi dengan kalimat tersebut. Kalimat promosi ini dibuat oleh Ade Londok untuk warung Odading Mang Sholeh tersebut berhasil menyita perhatian jagat maya. Bagaimana tidak, gaya bicara bernada ngegas dan terkesan marah itu disebut antimainsteam oleh netizen.

Semenjak viralnya video itu warung Odading Mang Sholeh yang berlokasi di Jalan Baranangsiang, Bandung ini menjadi ramai di antre pembeli. Tak tanggung-tanggung antreannya sampai mengular di sepanjang jalan hingga 50 meter. Bahkan ada pembeli yang rela datang jauh-jauh. Fenomena ini juga menarik perhatian Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk mengunjungi warung odading Mang Sholeh.

Bukan tanpa alasan, kedatangan Ridwan Kamil untuk memberikan tugas khusus untuk Ade Londok, yaitu mempromosikan kuliner Jawa Barat. Karenanya Ridwan Kamil juga menghadiahi handphone agar Ade Londok bisa membuat vlog lebih mudah lagi. Disamping itu, tak sedikit yang masih belum mengetahui odading.

Odading merupakan jajanan khas Bandung berupa roti goreng. Ada kisah menarik dibalik nama 'odading'. Konon itu berawal dari seorang anak dari keluarga Belanda yang meminta ibunya membeli roti tapi dia tidak mengetahui namanya. Anak itu hanya menunjuk-tunjuk ke arah penjual. Setelah menghampiri penjual dan melihat bentuk rotinya, si ibu berkata, "O, dat ding" dalam bahasa Belanda yang artinya "Oh yang itu".

Baca Juga : Viral Odading Mang Oleh, Warga Rela Antre Berjam-jam di Bandung


2. S3 Marketing Warung Mie Ayam

Promosi warung mie ayamPromosi warung mie ayam Foto: Facebook Gadjah Mungkur

Sebuah warung mie ayam di Madiun, Jawa Timur memiliki strategi marketing jitu untuk mempromosikan dagangannya. Strateginya adalah curhat kehilangan uang senilai Rp 10.000 di laman Facebook Gadjah Mungkur. Unggahannya tersebut berhasil membuat netizen salah fokus.

"Barang siapa yang menemukan terus mengembalikan uang saya 10 ribu akan saya kasih imbalan 1 porsi mie ayam plus es teh atau es jeruk. Terima kasih," tulisnya dalam unggahan. Jika diteliti baik-baik curhatan itu sama saja menjebak orang-orang untuk datang ke warung mie ayamnya.

Jika ada orang yang berpura-pura menemukan dan mengembalikan uang Rp 10.000 yang hilang, lalu si penjual memberikan seporsi mie ayam dan minum, itu sama saja orang tersebut membeli mie ayamnya. Pasalnya uang Rp 10.000 senilai dengan harga semangkuk mie ayam dan minumnya. Cerdik bukan?

Baca Juga : S3 Marketing! Warung Mie Ayam Ini Curhat Kehilangan Uang untuk Tarik Pelanggan

3. Bakery Jadul yang Masih Eksis

7 Bakery Jadul di Jakarta7 Bakery Jadul di Jakarta Foto: Twitter @meerkatchorom & @bang_ono, anak jajan, klasiloka

Bakery atau toko roti yang legendaris selalu jadi pilihan orang untuk menemukan roti yang enak. Berpuluh-puluh tahun beroperasi, tentu rasanya tidak perlu diragukan lagi. Di Jakarta sendiri banyak terdapat bakery jadul yang masih eksis hingga sekarang.

Seorang pengguna Twitter @meerkatchorom (13/9) membagikan daftarnya melalui cuitannya. Pertama ada Okky Bakery yang berada di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Di ini terkenal dengan pilihan roti dan jajanan pasar khas Indonesia. Ada juga Suisse Bakery di bilangan Taman Sari, Jakarta Barat.

Tak ketinggalan di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat ada bakery bernama Martha Cake Shop. Kemudian ada Roti Henis yang terkenal dengan roti manisnya. Lauw Bakery yang sudah ada sejak 1940-an. Ada Maison Weiner yang terkenal dengan roti ala Eropa tempo dulu. Dan terakhir ada Tan Ek Tjoan yang punya penjual gerobakan.

Baca Juga : 7 Bakery Jadul yang Masih Eksis Jual Roti Enak



Simak Video "Bikin Laper: Empuknya Soto Daging Sapi Gebrak di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com