Sajian Maknyus Idul Adha

Cara Masak Daging Kambing Empuk dan Tidak Bau ala Tukang Sate

Kristina - detikFood Kamis, 30 Jul 2020 11:30 WIB
warung sate kambing mbah so Foto: kristina/detikfood
Yogyakarta -

Kamu ingin memasak daging kambing ala tukang sate di Yogya? Selain bumbunya pas, daging kambing empuk dan tidak bau prengus.

Memasak daging kambing memerlukan metode tersendiri. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan daging kambing yang empuk dan tidak bau. Terlebih menjelang Idul Adha ini pasti banyak daging kambing tersedia. Berbagai resep masakan juga perlu disiapkan untuk menghindari kebosanan.

Membuat olahan kambing terlihat mudah, Potong-potong daging kambing, dibumbui kemudian dimasak. Padahal untuk mendapatkan olahan daging kambing empuk dan tidak bau, ada trik menyiapkan daging hingga membumbuinya.

sate kambing bu H.Bejo Solosate kambing Solo Foto: Instagram @jerry_lontoh

Berikut ini cara masak daging kambing ala penjual Sate Sor Talok dan Mbah So di Yogyakarta. Setiap hari mereka menjual olahan daging kambing seperti sate kambing, gule kambing, sup kambing hingga tongseng kambing. Olahan daging kambing empuk dan tidak bau juga sudah terbukti kelezatannya.


1. Pakai rempah-rempah yang banyak

Tips yang pertama datang dari penjual sate yang terkenal di Bantul, Sate Sor Talok. Siapa yang tak mengenal sate ini? Sudah ada sejak 2007 di Area Sawah, Trirenggo, Bantul. Olahan daging sate yang empuk dan tidak bau ternyata menggunakan metode khusus saat memasaknya. Kuncinya adalah rempah-rempah. Pada saat memasak, perbanyak rempah-rempah.

"Kalau nggak bau prengus itu rempah-rempahnya lebih banyak. Itu juga mengurangi bau (kambing) selain cara penyembelihannya sendiri," kata Agus saat ditemui Detikcom.

Perpaduan rempah tersebut dapat menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Salah satu rempah yang dapat digunakan adalah daun jeruk purut. Selain itu masih banyak rempah yang dapat digunakan seperti kunyit, jahe,lengkuas, lada, bawang putih, kayu manis, dan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Tiap Hari Sudi Mampir Jl. Biak Dapat Habiskan Puluhan Ekor Kambing "
[Gambas:Video 20detik]