Tahu Enak

Tahu Balek, Tahu Goreng Khas Binjai yang Posisinya Terbalik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 28 Feb 2020 15:00 WIB
tahu balek pondok surya khas binjai Foto: dok. detikFood / Andi Annisa Dwi Rahmawati
FOKUS BERITA Tahu Enak
Medan -

Jalan-jalan ke Binjai dan Medan wajib cicipi jajanan tahu enak, tahu balek. Disebut demikian karena bagian dalam tahu berada di luar!

Tahu goreng adalah lauk sekaligus camilan favorit banyak orang. Tiap daerah di Indonesia punya jajanan tahu khas, tak terkecuali Sumatera Utara. Dari Binjai ada jajanan tahu yang mencuri perhatian.

Namanya tahu balek yang secara harfiah berarti 'tahu terbalik'. Hal ini menggambarkan bentuk tahu dimana bagian dalam tahu yang warnanya putih, justri jadi di sisi luar. Sementara sisi warna kuning, ada di bagian dalam.

Tahu Balek, Tahu Goreng Khas Binjai yang Posisinya TerbalikFoto: dok. detikFood / Andi Annisa Dwi Rahmawati

Tahu balek awalnya ada di Binjai yang merupakan menu andalan rumah makan terkenal, Pondok Surya. Menu ini sudah hadir sejak tahun 2000. Banyak orang sempatkan mencicipi tahu balek saat berkunjung ke Binjai.

Anak pemilik Pondok Surya yang akrab disapa Cici Sansan lalu mengembangkan bisnis kuliner tahu balek. Di Medan ia membuka Tofu San yang gerainya sekarang ada dua. Salah satunya di Medan Night Market di Jalan H. Adam Malik.

Baca Juga: Ini Tahu Kriuk Renyah Tanpa MSG yang Cocok Untuk Vegan

Seporsi tahu balek dijual Rp 25.000. Kepada detikFood (27/2), cici Sansan bercerita tahu balek adalah kreasi ibunya. Mereka memakai tahu kedelai yang diproduksi sendiri.

Tampilannya seperti tahu kuning, namun benar-benar di balik. Di tengahnya terdapat isian bakso ayam. Tahu balek digoreng hingga garing di bagian luar, namun bakso ayamnya tetap lembut dan gurih.

Tahu Balek, Tahu Goreng Khas Binjai yang Posisinya TerbalikFoto: dok. detikFood / Andi Annisa Dwi Rahmawati

Menikmati tahu balek paling enak dicocol sambal TB. "Sambal kami namanya cabe TB. Bahan utama cabe pilihan berkualitas dan pakai resep keluarga," kata cici Sansan. Cita rasa sambal ini tak terlalu pedas mirip sambal hijau.

Dalam 1 minggu, Tofu San bisa menghabiskan 2.000 potong tahu. Pengirimannya juga sudah sampai ke luar kota Medan. Untuk di Pondok Surya, bisa mencapai 6.000 potong tahu dalam kurun waktu yang sama.

Selain tahu balek, Tofu San juga punya jajanan tahu enak lainnya. Misalnya tahu ojek dan tahu kisy-kisy. Untuk tahu ojek memakai tahu balek yang dikukus sebagai bahan utamanya.

Tahu Balek, Tahu Goreng Khas Binjai yang Posisinya TerbalikFoto: dok. detikFood / Andi Annisa Dwi Rahmawati

Tahu ojek lalu ditambahkan sambal TB, kecap manis, suwiran ayam, daun seledri, dan bawang goreng. Harganya Rp 30.000. Dibanding tahu balek, tahu ojek tentu bertekstur lebih lembut karena dikukus. Toppingnya juga lebih meriah.

Camilan lain yang juga ditawarkan Tofu San adalah ubee, berupa stik ubi goreng tepung. Ada juga miesop bakso ayam yang gurih segar dengan isian mie kuning, tahu, dan bakso ayam. Nikmat!

Baca Juga: 5 Resep Tahu Goreng Enak Buat Ngemil Sore



Simak Video "Crispy Sirsak Saus Haliwungan yang Bikin Ketagihan!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
FOKUS BERITA Tahu Enak