Es Campur Segar

Ciri Khas Es Campur Sinar Garut Asli yang Diracik H. Ucu

Devi Setya - detikFood Jumat, 21 Feb 2020 19:00 WIB
Halaman 1 dari 6
es sinar garut Foto: Devi S. Lestari/detikFood
Jakarta -

Ada ratusan penjual es campur dengan nama Sinar Garut, tapi hanya ada satu yang asli. Pelopor Sinar Garut ini bernama H. Ucu yang tak lain adalah putra daerah asli Garut.

Sekilas memang agak sulit membedakan es campur Sinar Garut yang asli dan yang bukan. Tapi sang penemu alias H. Ucu membeberkan sejarah dan ciri khas es campur Sinar Garut yang ia rintis sejak tahun 1968 ini.

Pemilik nama lengkap H. Ucu Samsul Arifin ini mengawali usaha es campurnya pada tahun 1968. Sebelumnya, ia membantu sang kakak yang juga berjualan es campur. Namun usaha es campur kakaknya ini tidak memiliki nama.

Setelah merasa menguasai ilmu meracik es campur, H.Ucu mulai membuat usaha es campur sendiri. H. Ucu berjualan di sekitar Jalan Pintu Besi. Usaha ini berjalan lancar dan banyak pembeli yang menyukai es campur buatan H. Ucu.

Setahun berjualan, akhirnya H. Ucu harus pindah lokasi. Ia kembali berjualan di kawasan Jalan Krekot Jaya Molek, Jakarta. Saat itu juga usaha ini belum memiliki nama. Merek Es Campur Sinar Garut baru disisipkan tahun 1970.

"Dulu nggak ada namanya. Pas pindah itu banyak orang cari-cari dan bingung karena belum ada nama. Akhirnya saya kasih nama Sinar Garut. Inspirasinya karena lihat restoran namanya Sinar Medan. Karena saya orang Garut jadi saja Sinar Garut," beber H. Ucu yang masih sangat ingat sejarah usahanya.

(dvs/odi)