World's 50 Best 2019

Jadi Restoran Terbaik di Dunia, Mirazur Konsisten Gunakan Produk Lokal

Lusiana Mustinda - detikFood Rabu, 26 Jun 2019 10:30 WIB
Foto: The Worlds 50 Best Restaurants Foto: The World's 50 Best Restaurants
Singapura - Restoran Mirazur dinobatkan 'The World's 50 Best Restaurant' sebagai restoran terbaik di dunia. Apa keistimewaan restoran milik chef Mauro Colagreco ini?

Penyerahan penghargaan 'The World's 50 Best Restaurant' diselenggarakan di Marina Bay Sands (MBS) Expo & Convention Center pada Selasa (25/06). Dari peringkat tiga tahun lalu, Mirazur tahun ini naik peringkat menjadi yang peringkat pertama restoran terbaik di dunia.

Restoran berbintang 3 Michelin ini dimiliki oleh chef Mauro Colagreco (42 tahun) kelahiran La Planta, Argentina. Terletak di 30 Avenue Aristide Briand, 06500 Menton, Prancis dengan panorama cantik laut Mediterania.

Memulai karir di usia 20 tahun, siapa sangka kalau chef muda ini pernah mengambil jurusan ekonomi saat kuliah. Di usia 23 tahun, ia memutuskan untuk mengambil sekolah kuliner di La Rochelle, Prancis dan di situ ia mendapatkan mengembangakan kecintaannya akan kuliner.
Jadi Restoran Terbaik di Dunia, Mirazur Konsisten Gunakan Produk LokalFoto: The World's 50 Best Restaurants

Baca juga: Mirazur Dinobatkan Sebagai Restoran Terbaik di Dunia

Mendapatkan predikat restoran terbaik nomor satu di dunia Mauro ingin terus meningkatkan kualitasnya. "Saya akan terus berusaha untuk melakukan yang terbaik setiap saat, karena tidak ada orang bekerja untuk sebuah prestasi," ungkap Mauro dalam konperensi pers kemarin (25/06).

Ia menambahkan, pekerjaan adalah tentang bagaimana selalu merasa muda, meskipun usia sudah tua. Selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik adalah hal yang harus dilakukan.

"Saya adalah seorang tukang kebun sehingga tujuan selanjutnya adalah memperluas kebun saya, lebih luas daripada restoran," pungkasnya.

Sebelum membuka restoran sendiri, chef Mauro pernah bekerja di bawah pimpinan beberapa chef hebat.

"Bekerja dengan chef-chef hebat di dunia sangat menyenangkan namun ada tanggung jawab yang besar. Saya bekerja dengan chef Bernard Loiseau, Alain Passard dan Alain Ducasse. Semuanya sangat menginspirasi saya. Saya tidak akan melupakannya," tutur suami dari Julia Colagreco.

Enam bulan setelah membuka Mirazur, ia sudah menyabet penghargaan 'Revelation of the Year' sebagai restoran baru. Soal hidangan, Mauro selalu menggunakan sayuran yang ditanam dari kebun sehingga bahan-bahan yang digunakan memiliki kualitas yang baik.
Jadi Restoran Terbaik di Dunia, Mirazur Konsisten Gunakan Produk LokalFoto: The World's 50 Best Restaurants

Tidak semua produksi sayur dan buah dihasilkan dari kebun sendiri, karena chef Mauro ingin membantu para petani.

"Saya senang bisa meningkatkan produksi di kebun saya dan merasakan hasilnya sekitar 65 persen. Namun saya ingin mendukung para petani dan harus lebih banyak belajar dari petani-petani di sana," kata Mauro.

Menyandang predikat baru, tentu restorannya akan banyak dikunjungi pecinta kuliner dari berbagai negara.

"Saya yakin dampaknya cukup besar ketika restoran saya masuk menjadi yang pertama. Kami sangat senang banyak orang datang dari kota-kota besar. Banyak petani dan nelayan serta ekonomi lokal yang bergantung pada kami. Jadi, datanglah ke Menton. Tempatnya sangat indah," Tutup Mauro.

Baca juga: Singapura Jadi Negara Asia Pertama Tuan Rumah 'World's 50 Best Restaurant' 2019 (dvs/odi)