Ini Hari-hari Terakhir Chef Eric Ripert Bersama Anthony Bourdain

Lusiana Mustinda - detikFood Sabtu, 09 Jun 2018 12:10 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Jadi orang yang menemukan tewasnya Anthony Bourdain pertama kali. Eric Ripert memang dikenal berteman dekat dengan Bourdain. Ini cerita Eric tentang sahabatnya.

Dua hari sebelum chef Eric Ripert menemukan Anthony Bourdain tak bernyawa di salah satu kamar hotel mewah di Prancis. Ripert, Bourdain dan teman-temannya pun sempat pergi ke sebuah desa sambil bersepeda.

Ini Hari-hari Terakhir Chef Eric Ripert Bersama Anthony BourdainFoto: Istimewa

Bourdain meninggal pada Jum'at kemarin di usia 61 tahun karena bunuh diri. Ia dan Ripert sama-sama berada di Prancis saat syuting episode terbaru acara 'Parts Unknown, CNN'.

Baca juga: Barack Obama dan Donald Trump Ikut Mengenang Mendiang Anthony Bourdain

"Anthony adalah teman baik," kata Ripert dalam sebuah pertanyaan kepada PEOPLE. "Dia adalah orang yang luar biasa, sangat inspiratif dan dermawan. Salah satu story teller hebat di zaman ini yang kenal dengan begitu banyak orang. Saya berharap dia akan tenang di sana. Cinta dan doa saya bersama keluarga, teman-teman dan orang-orang terkasih."

Dilansir dalam Food and Wine (08/06), pada hari Rabu kamera operator dan cinematographer Parts Unknown mengunggah foto Bourdain saat bersepeda tandem bersama Ripert melewati Colmar, komune terbesar ketiga dari wilayah Alsace, di timur laut Prancis.

Ini Hari-hari Terakhir Chef Eric Ripert Bersama Anthony BourdainFoto: Istimewa

"Bergulir seperti anak kecil di #alsace," tulis Liebler dalam unggahan fotonya. Ia juga menuliskan,"Bersenang-senang dengan #osmo dan #anthonybourdain di #partsunknown #lifeontheroad #bikedate."

Foto ini diambil oleh Michael Steed, menunjukkan Bourdain naik di belakang Ripert ketika mereka berhenti di sisi jalan. Sebelum itu, keduanya telah mengunjungi sebuah restoran di Colmar bernama Wistub La Petite Venise. Mereka berpose untuk berfoto dengan chef disana yaitu Alexis Schonstein.

Schonstein juga mengunggah foto setelah mereka melakukan syuting. Mengucapkan terima kasih kepada Bourdain dan Ripert untuk "memori yang sangat indah." Ia kemudian membagikan foto Bourdain dari syuting tersebut setelah kematiannya. Ia menulis,"Senang sekali bisa bertemu dengan Anda."

Baca juga: K.F Seetoh dan William Wongso Berduka Atas Kepergian Anthony Bourdain

Dikabarkan bunuh diri. Seorang juru bicara polisi Strasboourg mengonfirmasi meninggalnya Bourdein kepada PEOPLE, tetapi tidak mengonfirmasi penyebab kematiannya.

Ini Hari-hari Terakhir Chef Eric Ripert Bersama Anthony BourdainFoto: Istimewa

Selain itu jaksa penuntut umum dari Colmar, Prancis Christian de Rocquigny du Fayel mengatakan kepada PEOPLE bahwa Bourdain meninggal dunia dengan cara gantung diri di sebuah hotel mewah di kawasan Kaysersberg yang bernama Le Chambard. "Dalam hal ini, tidak ada indikasi intervensi dari pihak ketiga."

Bourdain dan Ripert sudah bersahabat lama, lebih dari dua dekade. Keduanya menjadi terkenal di industri kuliner setelah bekerja di sebuah restoran di New York City. Mengawali karir sebagai pencuci piring, line cook, sous chef hingga chef eksekutif dari perusahaan besar seperti One Fifth Avenue, Sullivan, the Supper Club, dan Brasserie Les Halles di Manhattan.

Ini Hari-hari Terakhir Chef Eric Ripert Bersama Anthony BourdainFoto: Istimewa

Sementara itu, Ripert yang lahir di Antibes Prancis menjadi bintang kuliner di Le Bernardin pada tahun 1995. Ia juga bekerja di restoran berpredikat bintang empat di New York City dan Amerika Serikat.

Keduanya juga sering tampil di acara Bourdain, termasuk The Food Network's A Cook's Life, the Travel Channel's No Reservations hingga CNN's Parts Unknown.

Baca juga: Chef Kenamaan Amerika Anthony Bourdain Meninggal, Diduga Bunuh Diri



Tonton juga 'Polisi Ungkap Penyebab Kematian Anthony Bourdain' selengkapnya di 20Detik

[Gambas:Video 20detik]


(lus/odi)